Penyebab Mobil Mendadak Mogok di Jalan

Sabtu, 11 Februari 2017 - 06:35 WIB
Penyebab Mobil Mendadak Mogok di Jalan
Penyebab Mobil Mendadak Mogok di Jalan
A A A
HAL yang paling tidak diinginkan pengguna kendaraan adalah mobil mogok di tengah perjalanan. Masalah ini sebenarnya dapat dicegah jika Anda rutin merawat kendaraan sesuai dengan prosedur atau buku manual pemeliharaan kendaraan.

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat beberapa penyebab utama mobil mengalami mogok di jalan. Penyebab paling mendasar adalah masalah bahan bakar minyak (BBM). Itu biasanya terjadi karena masalah injektor.

Kotoran yang mengendap pada BBM terhisap masuk sehingga tersangkut di injektor. Untuk itu, pilihlah bahan bakar dengan kadar oktan yang lebih baik di SPBU terpercaya. Hal ini agar kualitas BBM yang dikonsumsi kendaraan Anda terjamin.

Selanjutnya adalah terputusnya arus suplai listrik yang menyebabkan mobil tidak dapat starter. Langkah pertama periksalah aki dan sistem kelistrikan. Periksa juga sikring utama yang terletak di aki. Hal tersebut untuk memastikan bahwa suplai listrik di sistem pengapian bekerja.

Kedua, suplai listrik tekor. Hal ini disebabkan suplai listrik berkurang dari alternator. Bila hal ini terjadi harus memeriksa lebih dalam. Tidak hanya sikring namun Anda harus memeriksa suplai listrik dari alternator.

Masalah berikutnya adalah mesin mengalami overheating. Hal ini terjadi akibat sistem pendingin kendaraan tidak dapat bekerja dengan baik. Anda harus memantau temperatur lewat indikator.

Ketika bicara masalah overheat, pertama kali yang perlu diperhatikan adalah kipas elektrik, jadi ketika overheat sistem ini seharusnya bekerja.

Namun, bila kendaraan Anda benar-benar mengalami overheat di jalan, biarkan lah beberapa saat. Jangan membuka tutup radiator langsung karena dapat menyebabkan luka bakar akibat terkena semburan air panas radiator. Biarkan sekitar setengah jam. Setelah itu, periksa semua sistem apa terjadi kebocoran atau tidak.

Untuk mencegah terjadinya overheat di jalan, periksalah secara berkala air radiator kendaraan Anda. Jika kurang dari batas minimal isilah segera.

Penyebab mogok lainnya adalah kerap menghidupkan mobil dengan cara didorong. Langkah ini bisa membuat timing belt kendaraan Anda putus. Bila timing belt putus menjadi musibah bagi mobil yang menggunakan teknologi ini. Hal tersebut bisa menyebabkan suara mesin bergemuruh, dan pada beberapa jenis kendaraan mesin bisa mendadak mati. Ini berbahaya.

So, atas permasalahan tersebut ada baiknya Anda melakukan perawatan secara berkala. Di mana mencegah lebih baik daripada memperbaiki kendaraan di tengah perjalanan.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9372 seconds (0.1#10.140)