Tersangka Dugaan Korupsi Rp32,7 Miliar, Mantan Bupati Samosir Ditahan Kejati Sumut

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 10:40 WIB
loading...
Tersangka Dugaan Korupsi Rp32,7 Miliar, Mantan Bupati Samosir Ditahan Kejati Sumut
Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara menahan mantan Bupati Samosir MS terkait kasus dugaan korupsi Rp32,7 miliar. Foto/iNews TV/Said Ilham
A A A
MEDAN - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara melakukan penahanan terhadap mantan Bupati Samosir MS. Tersangka tersandung kasus dugaan korupsi Rp32,7 miliar dalam izin pembukaan lahan hutan di Kabupaten Samosir.

Penahanan terhadap MS setelah sebelumnya dilakukan penangkapan dirumahnya di wilayah Medan. Sebab, MS sudah tiga kali tidak memenuhi panggilan dari penyidik kejaksaan. Setelah diperiksa secara marathon, lalu dilakukan penahanan.



Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Yos Arnold Tarigan mengatakan, tindak pidana korupsi dilakukan mantan Bupati Samosir MS pada saat dia menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutanan Toba Samosir Tahun 1999 sampai dengan 2005.

Hal ini terkait dalam izin membuka tanah untuk permukiman dan pertanian pada kawasan hutan Kabupaten Samosir yang terletak di Desa Partungko Naginjang, Kecamatan Harian yang dalam pelaksanaannya diduga tidak sesuai dengan syarat yang ditetapkan.



”Akibat perbuatan tersangka dari hasil perhitungan kerugian negara berdasarkan audit BPKP wilayah Sumut terdapat kerugian negara sebesar Rp32,7 miliar,” kata Arnold dalam keterangannya, Sabtu (19/8/2023).

Setelah ditahan, tersangka MS selama 20 hari ke depan terhitung mulai tanggal 18 Agustus 2023 sampai dengan 6 September 2023 akan dititipkan di Rumah Tahanan Negara Kelas I Tanjung Gusta Medan. Sebelumnya beberapa tersangka sudah menjalani hukuman.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2079 seconds (0.1#10.140)