Strategi dan Inovasi Baru CSR Perusahaan Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional

Kamis, 30 Juli 2020 - 08:25 WIB
loading...
Strategi dan Inovasi Baru CSR Perusahaan Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional
Acara puncak TOP CSR Awards 2020, Rabu, 29 Juli 2020 di Jakarta. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Semakin banyak perusahaan di Indonesia melakukan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalankannya dengan strategi bisnis perusahaan menggunakan pendekatan Creating Shared Value (CSV).

Dengan menerapkan pendekatan CSV mendorong tercipta hubungan interdependensi yang saling menguntungkan yaitu memungkinkan masyarakat untuk maju dan perusahaan tumbuh pesat.

Demikian salah satu temuan penting yang diungkap dalam acara puncak TOP CSR Award 2020 yang diselenggarakan hari Rabu, 29 Juli 2020 di Sultan Hotel Jakarta.

Dalam acara puncak ini, sejumlah perusahaan terkemuka di Tanah Air memperoleh apresiasi dan penghargaan TOP CSR Awards 2020. Dewan Juri TOP CSR Award menilai mereka telah menerapkan CSR terbaik diantaranya: Kideco Jaya Agung, Geo Dipa Energi, Pengerukan Indonesia (Rukindo), Rekayasa Industri, PLN, Kereta Api Indonesia, Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), Pelabuhan Indonesia IV, Borneo Indobara, Pelabuhan Indonesia I, dan Pupuk Indonesia.

Perusahaan yang juga mendapat penghargaan terbaik dalam TOP CSR Awards 2020 ini adalah: Bank BRI, Hutama Karya, Mowilex Indonesia, Perkebunan Nusantara III, Softex Indonesia, Pupuk Sriwidjaja Palembang, Petrokimia Gresik, Asmin Bara Bronang, MNC Group, dan Air Nav Indonesia.

Sejumlah perusahaan multinasional, listed company, BUMN, BUMD, dan Swasta Nasional juga meraih apresiasi dan penghargaan dari berbagai kategori.

Strategi CSR dalam mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional dapat dilakukan dengan melalui kebijakan CSR di era New Normal dengan melakukan: Pertama, mengidentifikasi perubahan aktivitas bisnis dan dampaknya terhadap perusahaan; Kedua, mengidentifikasi perubahan kondisi Stakeholders, terutama karyawan, konsumen, dan pemasok. Ketiga, mengidentifikasi dampak sosial pada masyarakat, dan keempat, merumuskan inovasi program CSR yang selaras dengan identifikasi tersebut dan strategi bisnis perusahaan.

Dalam acara ini juga, Dewan Juri Top CSR 2020 juga, memberikan sejumlah rekomendasi strategi CSR perusahaan yang dapat mendukung upaya pemerintah dalam Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Ketua Dewan Juri yang juga Ketua KNKG Mas Achmad Daniri mengatakan dalam masa pandemi Covid-19 saat ini, CSR harus dimulai dari ‘rumah’ atau internal perusahaan karena Covid-19 telah mengubah cara berbisnis perusahaan.

Strategi dan Inovasi Baru CSR Perusahaan Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional

‘’Perusahaan harus menyesuaikan inisiatif CSR di saat masa Adaptasi Kebiasaan Baru sekarang ini. Sistem kerja dan value chain perusahaan harus mengadaptasi Protokol Kesehatan. Perusahaan juga perlu mempertimbangkan dampak Covid-19 pada masyarakat dan aktivitas bisnis. Dengan demikian, CSR akan berperan mengurangi dampak negatif Covid-19 ke masyarakat dan perusahaan itu sendiri,” kata Daniri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2285 seconds (0.1#10.140)