Berikut Ciri Perangkat yang Sedang Disusupi

Rabu, 15 Februari 2017 - 20:02 WIB
Berikut Ciri Perangkat yang Sedang Disusupi
Berikut Ciri Perangkat yang Sedang Disusupi
A A A
JAKARTA - Penyadapan memang bukan hal baru dalam dunia telekomunikasi. Hal ini sering dilakukan petugas berwenang demi mencari informasi dibutuhkan.

Bahkan belakangan isu penyadapan menjadi polemik tersendiri karena banyak disalah gunakan. Lalu bagaimana sebenarnya ciri perangkat yang terkena aksi penyadapan.

Sebagaimana dilansir dari Make Use Of, Rabu (15/2/2017), sebenanrya ada beberapa ciri yang timbul ketika perangkat sedang disadap.

1. Performa Smartphone Bermasalah

Perangkat yang disadap biasanya mengalami performa yang lebih lambat dari biasanya. Hal tersebut biasanya cukup dengan menghapus beberapa file masalah tersebut dapat teratasi.

Namun ketika disadap, pengguna biasanya tidak menyadari ada malware yang telah tertanam didalam perangkat. Malware ini biasanya bersifat mengakses segala informasi yang terdapat dalam perangkat. Alhasil performa perangkat jadi melambat.

2. Aplikasi yang Terpasang Tanpa di Download

Dalam kasus ini, penyadap biasanya berhasil menanam aplikasi tanpa sepengetahuan pengguna. Bahayanya, aplikai ini biasanya tidak terpampang pada layar . Namun tetap berjalan secara background.

Untuk menghindari hal seperti ini, sebaiknya unduk aplikasi dari toko resmi.

3. Pesan Aneh

Pesan mengganggu atau spam juga dapat menjadi salah satu indikator untuk mengetahui sebuah perangkat telah berhasil disusupi pihak asing. Karenanya, sebisa mungkin untuk tidak mengabaikan begitu saja pesan yang tiba-tiba muncul.

Pasalnya, apabila penyusup berhasil masuk ke perangkat korban, pihak penyerang dapat mengirim pesan tanpa diketahui oleh korban.

4. Konsumsi Baterai Jadi Lebih Boros


Kebanyakan pengguna biasanya menilai baterai yang cepat habis kerena baterai tersebut sudah bocor. Namun dalam hal ini baterai yang terkuras lebih cepat tanpa penggunaan berlebih merupakan kondisi yang disebabkan malware.

Untuk memastikannya, coba lakukan pengecekan terhadap aplikasi yang berjalan di background.

Demikian beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah perangkat Anda disusupi. Selamat Mencoba.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7641 seconds (0.1#10.140)