alexametrics

Tambah Kusut, DPR Jepang Serentak Suarakan Blokir TikTok

loading...
Tambah Kusut, DPR Jepang Serentak Suarakan Blokir TikTok
Ilustrasi TikTok. FOTO/ IST
TOKYO - Sejumlah anggota parlemen Jepang mengajukan usulan pemblokiran kepada TikTok dan beberapa aplikasi lain yang dikembangkan di China. Alasannya masih terkait keamanan data pengguna. BACA JUGA - Dikeroyok AS, Inggris dan India, Orang Andalan TikTok Cabut

Mengutip dari TechCrunch, Kamis (30/7/2020), anggota parlemen itu rencananya akan mengajukan usulan mereka kepada Pemerintah Jepang pada September 2020 mendatang.



Pengguna TikTok di Jepang semakin masif. Banyak tokoh-tokoh dan nama-nama terkenal di Negeri Sakura yang ikut membuat video berdurasi pendek di aplikasi di bawah naungan ByteDance itu.

Di sisi lain, kekhawatiran penyalahgunaan data tersebut sebenarnya bukan tak beralasan. Undang-Undang China memang menyebutkan, perusahaan China wajib bekerja sama dengan intelijen negara bila dibutuhkan dan harus serahkan data bila diminta.



Lagi-lagi tentu saja TikTok menampik tudingan itu. Entah yang ke berapa kali, Juru Bicara TikTok menegaskan bahwa aplikasinya tidak dikontrol oleh pemerintah China. Meski begitu, tetap saja kekhawatiran serupa muncul dari banyak pihak.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
KOMENTAR ANDA
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak