Menteri Perindustrian Resmi Kukuhkan Kepengurusan PIKKI

Kamis, 16 Februari 2017 - 14:02 WIB
Menteri Perindustrian Resmi Kukuhkan Kepengurusan PIKKI
Menteri Perindustrian Resmi Kukuhkan Kepengurusan PIKKI
A A A
JAKARTA - Sehubungan dengan keinginan besar bangsa Indonesia untuk menjadi negara maritim dan kelautan yang disegani, maka dibentuklah Perkumpulan Industri Komponen Kapal Indonesia (PIKKI) yang secara resmi telah dikukuh oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Ketua umum PIKKI, Ekki Komaruddin menyatakan sejumlah industri perkapalan nasional menyatakan kesiapannya untuk memproduksi komponen kapal di dalam negeri. Ini sangat mengembirakan sebab hal tersebut akan lebih mempermudah industri galangan kapal nasional mendapatkan komponen yang dibutuhkan sekaligus bisa menghemat devisa dari berkurangnya impor komponen.

" Pembentukan PIKKI bertujuan untuk menghimpun para produsen komponen kapal dalam negeri yang selama ini berjuang sendiri-sendiri untuk bersatu dan secara bersama-sama memajukan usaha, meningkatkan mutu dan kapasitas produksi sehingga dapat mencapai keuntungan yang optimal," tutur Ekki saat acara Forum Bisnis Dalam Rangka Peningkatan Komponen Kapal Dalam Neger dan pengukuhan Anggota PIKKI di gedung Kemetrian Perindustrian, Jakarta, Kamis (16/2/2016).

Ekky menuturkan, PIKKI menaungi lebih dari 50 perusahaan produsen komponen kapal Indonesia. Oleh karenanya untuk perolehan hasil usaha yang optimal tersebut diharapkan dapat tercapai melalui kerjasama dan persatuan para anggota dalam setiap usaha yang dilakukan.

" Kerjasama dan persatuan diimplementasikan dalam bentuk saling membantu sejak adanya pesanan atau permintaan produk sampai pada penyerahan produk kepada buyer atau customer," jelasnya.

Kerjasama yang saling membantu dan saling mendukung tersebut dituangkan dalam program kerja PIKKI yang disusun secara bersama-sama berdasarkan asas kekeluargaan, rasa senasib dan sepenanggungan, prinsip maju dan untung bersama, serta semangat nasionalisme yang tinggi atau semangat “merah putih dan garuda di dadaku”.

Dengan demikian, melalui organisasi PIKKI para produsen yang tergabung dalam PIKKI diharapkan akan mendapatkan manfaat yang lebih besar.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6995 seconds (0.1#10.140)