alexa snippet

Apple Salip Samsung Penjualan Smartphone No 1 di Dunia

Apple Salip Samsung Penjualan Smartphone No 1 di Dunia
Raksasa Korea Selatan, Samsung harus menerima kenyataan posisinya disalip sang rival utama, Apple dalam penjualan smartphone global pada kuartal IV (Q4) 2016. Foto/Istimewa
A+ A-
NEW YORK - Kegagalan Galaxy Note 7 masih menyakiti Samsung yang berimbas pada penurunan penjualan handset mereka. Raksasa Korea Selatan itu harus menerima kenyataan pahit posisinya disalip sang rival utama, Apple dalam penjualan smartphone dunia pada kuartal IV (Q4) 2016.

Dilansir dari Digital Trends, Kamis (16/2/2017), berdasarkan perkiraan Gartner, Apple berhasil menjual 77.040.000 unit smartphone pada kuartal keempat. Di mana perusahaan asal Cupertino, California, AS tersebut unggul tipis 256.000 unit dari Samsung, dengan mencatatkan penjualan 76.780.000 unit.

Ini merupakan kuartal kedua berturut-turut penjualan Samsung jatuh, yang disebabkan recall Galaxy Note 7. Di sisi lain, bagi Apple ini merupakan raihan pertama mereka sejak kuartal IV 2014, berkat penjualan kuat iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

Gartner menyebutkan penjualan iPhone 7 dan 7 Plus ikut membantu memanfaatkan pelemahan smartphone Samsung di pasar yang matang, seperti Amerika Utara dan Eropa Barat, serta beberapa pasar di Asia, yakni Australia dan Korea Selatan.

"Penjualan smartphone Samsung diperkirakan telah turun 8% pada kuartal keempat," kata Gartner.

Secara keseluruhan penjualan smartphone di dunia sepanjang 2016 tumbuh 5% dari tahun 2015, sebanyak hampir 1,5 miliar unit.

Persaingan memanas terjadi di China, dengan BBK Electronics - pemilik merek smartphone Vivo, Oppo, dan OnePlus - sukses mempertahankan posisi kedua di negara itu.

Perusahaan berada sedikit di depan Huawei pada kuartal keempat 2016 dan telah melihat pertumbuhan yang luar biasa di India. BBK sendiri saat ini berada di posisi kelima dalam daftar vendor smartphone teratas.

Oppo yang beroperasi secara independen dari BBK, telah memegang posisi teratas di China selama kuartal keempat. Itu artinya menempatkan BBK dalam daftar vendor smartphone teratas.



(dmd)
loading gif
Top