alexa snippet

Cetak Sejarah, India Luncurkan 104 Satelit Dalam Sehari

Cetak Sejarah, India Luncurkan 104 Satelit Dalam Sehari
India berhasilkan luncurkan 104 satelit dalam 1 hari. FOTO/ BBC
A+ A-
NEW DELHI - India mencetak  sejarah dunia dengan meluncurkan 104 buah satelit dalam satu hari, Jumat (17/2/2017) waktu India.  Jumlah itu hampir tiga kali lipat rekor sebelumnya dari 37 satelit dalam satu hari, yang dilakukan oleh badan antariksa Rusia pada tahun 2014.

Seperti dilansir dari, BBC, India Space Research Organization (ISRO) meluncurkan Roket Kendaraan Peluncur Satelit Polar (PSLV) yang membawa satelit dari tujuh negara, berangkat pada pukul 9.28 pagi waktu setempat dari pusat angkasa Sriharikota di timur India.

Sebanyak 96 buah satelit yang diluncurkan adalah milik Amerika Serikat (AS) sementara lima lagi dimiliki oleh Israel, Kazakhstan, Uni Emirat Arab, Swiss dan Belanda.

India turut meluncurkan tiga buah satelit miliknya termasuk satelit pemetaan yang terpercaya mampu mengambil gambar resolusi tinggi untuk memantau musuh tradisional yaitu Pakistan dan Cina.

Banyak ahli dan pengamat berpendapat, keberhasilan itu merupakan pertanda awal tentang kemampuan India untuk muncul sebagai pemain utama dalam pasar industri antariksa bernilai miliaran dolar itu.

ISRO memang dibesut untuk menjadi tempat peluncuran komersial, banyak perusahaan yang datang berharap dapat memangkas biaya peluncuran satelit dan terbukti lebih murah jika dibandingkan dengan Amerika dan Eropa,

Pimpinan ISRO, A.S. Kiran Kumar mengatakan bahwa setengah biaya dari misi 104 satelit ditutupi oleh biaya komersial, seperti yang dibayar oleh Planet Labs. Meski demikian, dengan semakin mudah dan murahnya peluncuran satelit, mengundang kekhawatiran dari banyak pihak, mengingat sebagian besar satelit hanya mampu beroperasi selama 2-3 tahun berpotensi memperbanyak puing-puing ruang angkasa, sehingga sudah seharusnya perusahaan dan organisasi pemerintah untuk lebih bijak dalam menentukan berapa banyak satelit yang ingin dikirim ke luar angkasa.

(wbs)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top