Jajal Honda CBR250RR, Harus punya Skill berkendara

Minggu, 19 Februari 2017 - 22:12 WIB
Jajal Honda CBR250RR, Harus punya Skill berkendara
Jajal Honda CBR250RR, Harus punya Skill berkendara
A A A
SEMARANG - Astra Motor Jawa Tengah mengajak puluhan Bloger, pecinta motor sport dan juga Jurnalis di Jawa Tengah menjajal kemampuan dari salah satu motor Sport Honda CBR250RR di landasan pacu Bandara Ahmad Yani Semarang.

Dalam event bertajuk Track Day itu, SINDOnews dan berapa jurnalis lain mendapatkan kesempatan pertama untuk menjajal kemampuan Hodan CBR250RR dengan dipandu oleh pembalap AHM Wawan Hermawan.

Sebagai pemula menunggangi motor sport dengan Cc besar, menjadi pengalaman tersendiri. Di putaran pertama masih butuh penyesuaian, namun saat putaran kedua dan ketiga setelah beradaptasi mampu melahap tiga kali putaran dengan mulus. Bahkan saat menggeber pada kecepatan tinggi tenaganya benar-benar garang.

Sayangnya trek lintasannya cukup pendek sehingga kemampuannya tidak dapat maksimal. Baru masuk gigi 3 harus sudah berbelok padahal, jika bisa lebih panjang 100-200 meter lagi tenaganya bisa dimaksimalkan.

Hal itupun diakui oleh Wisnu, salah satu jurnalis. Dengan panjang trek lurus hanya sekitar 150-200 meter dirinya tidak dapat memaksimalkan power besar pada Honda CBT250RR."Powernya sangat besar, saya yakin kalau dengan lintasan panjang pasti bisa lebih maksimal," ucapnya.

Dia mengakui, sepeda motor sport dengan dua silinder dan suspensi depan upside-down kemampuannya sangat mumpuni. Tidak hanya untuk kecepatan tinggi namun juga nyaman dikecepatan rendah."Saya kira untuk dipakai sehari-hari, ataupun perjalanan jauh kendaraan ini cukup nyaman," ujar dia.

Pembalap AHM Wawan Hermawan mengakui kendaraan dengan CC besar memang memiliki kemampaun untuk dipacu dengan kecepatan tinggi. "Sepeda motor ini secara desaian sudah sangat sporty banget, apalagi memang basicnya motor sport. Dengan kapasitas mesin yang besar jelas akan memberikan pengalaman tersendiri bagi penggunanya,"katanya.

Oleh karena itu ia, menghimbau kepada pemilik CBR250RR harus mampu mengolah dan menata hati serta skill berkendara yang baik di jalan raya. "Untuk menggunakan kendaraan ber-cc besar harus dimbangi dengan skill yang mumpuni. Teknik berkendara yang baik mulai dari teknik crossing, saat kecepatan tinggi. Dan yang penting jangan ugal-ugalan di jalan raya,"imbunya.

Marketing Region Head Astra Motor Jateng Sukamto mengatakan, track day digelar untuk memberikan pengalaman berbeda kepada konsumen dan calon konsumen dalam hal mengendarai motor sport. "Semenjak diluncurkan Honda CBR250RR mendapatkan tempat di hati masyarakat. Oleh karena itu kami menggelar track day agar masyarakat bisa menguji performa sesungguhnya dari CBR250RR,"ungkapnya.

Dijelaskannya, CBR250RR memiliki tenaga yang besar, karenanya skill berkendara sangat dibutuhkan sebelum mengendari kendaraan tersebut. "Mengusung tipe 4 stroke, 8 valve,2 silinder, dengan kapasitas 249,7 cc tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 36,8 ps pada 12.500 rpm dan torsi 22,5 mm pada 10.500 rpm. Tenaga disalurkan melalui transmisi manual dengan enam percepatan," katanya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8764 seconds (0.1#10.140)