Komponen Sepeda Motor yang Wajib Diperiksa Saat Musim Hujan

Selasa, 21 Februari 2017 - 13:05 WIB
Komponen Sepeda Motor yang Wajib Diperiksa Saat Musim Hujan
Komponen Sepeda Motor yang Wajib Diperiksa Saat Musim Hujan
A A A
JAKARTA - Musim hujan terus melanda beberapa wilayah di Indonesia. Tentunya ini menjadi masalah tersendiri bagi para pengguna jalan, khususnya pengguna sepeda motor.

Pasalnya kondisi jalan yang licin, banjir atau lainnya tentu sangat mengganggu kondisi kendaraan. Maka sebaiknya periksalah beberapa komponen kendaraan yang paling sering bersentuhan dengan kondisi hujan apakah perlu diganti atau hanya sekedar dirawat saja.

Berikut beberapa komponen sepeda motor yang perlu diperiksa ketika menghadapi musim hujan :

Pemeriksa kondisi ban


Pastikan kondisi ban masih layak pakai dan kembangannya masih belum tipis. Karena bila tipis traksi terhadap permukaan jalan akan berkurang. Apalagi dengan kondisi basah, pengendara akan susah mengendalikan motor. Bahkan bisa menyebabkan terpeleset. Serta pastikan arah rotasi ban sudah sesuai.

Lampu

Dengan adanya lampu yang masih normal maka akan membantu sebagai penunjuk arah. Dalam kondisi hujan deras apabila lampu tidak berfungsi bisa membahayakan pengendaranya terutama saat kondisi hujan, jarak pandang pengendara akan berkurang.

Pemeriksa Cap Supressor (Tutup Busi)

Pada musim hujan cap supressor berperan penting untuk mencegah terjadinya motor mogok saat melewati genangan air. Bila karet pada tutup busi sudah aus, segeralah ganti agar sistem pengapiannya kembali berfungsi dengan baik. Penggantian tutup busi disarankan di bengkel resmi motor agar pemasangannya tepat.

Kondisi Rem


Keberadaan rem sangat penting apalagi di musim hujan. Rem harus benar-benar berfungsi dengan baik. Bila kualitas cengkramannya berkurang maka segera ganti karena akan mempersulit saat pengendara akan mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan.

Selain melakukan pengecekan lima komponen pada motor Anda yang paling penting adalah cara berkendara lalulintas yang benar. Kelima hal tersebut hanya sebagai penunjang keselamatan. Demikian dihimpun dari berbagai sumber.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9521 seconds (0.1#10.140)