Pehobi Sepeda Meroket, Bengkel Mobil Tawarkan Layanan Coating Khusus Sepeda

Kamis, 30 Juli 2020 - 18:30 WIB
loading...
Pehobi Sepeda Meroket, Bengkel Mobil Tawarkan Layanan Coating Khusus Sepeda
Coating sepeda menjadi tren baru bagi para pehobi sepeda, untuk memberikan perlindungan ekstra pada tunggangan mereka dari baret hingga kotoran. Foto-foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Mulanya, layanan coating memang diminati oleh para pemilik mobil. Tapi gara-gara demam sepeda, kini layanan coating pun dilakukan di sepeda. Apa sih dampaknya? Berapa harganya? Sepeda apa saja yang cocok untuk di-coating? BACA JUGA: Coating Mobil Jadi Peluang Usaha Baru di Tengah Pandemi.

Sesuai namanya, coating adalah proses pelapisan menggunakan produk coating pada bodi mobil. Tujuannya ternyata banyak.

Pertama, melindungi cat. Sebab, bodi mobil dilapis cairan yang akan melindungi hingga ke bagian pori-pori cat mobil. Logika mudahnya, bodi mobil seperti “di-laminating”. Dampaknya, adalah fungsi kedua. Yakni membuat bodi mobil kelihatan lebih mengilap. Warna cat mobil akan terjaga. Mobil selalu tampak basah. Juga kilap mobil juga tahan lama.

BACA JUGA: Teknologi Nano Coating untuk Rawat Tas Branded.

Termasuk juga melindungi dari baret halus pada cat yang disebabkan oleh kerikil, ranting, daun pohon, atau benda-benda lainnya.

Tapi dampak paling terasa adalah efek daun talas (water repellent). Ketika air atau kotoran yang mengenai bodi mobil terjatuh begitu saja seperti daun talas.

Pasar Baru Pehobi Sepeda
Pehobi Sepeda Meroket, Bengkel Mobil Tawarkan Layanan Coating Khusus Sepeda

Sepeda yang telah selesai di-coating, warnanya akan terus mengilap.

Head of Corporate Communication Topcoat Indonesia Adi Purwanto mengatakan, layanan coating sepeda semakin populer seiring dengan meningkatnya pehobi sebeda di kawasan Jabodetabek. ”Sejak awal kami sudah menerima layanan coating selain di mobil. Misalnya motor gede (moge). Tapi, permintaan coating untuk sepeda ternyata terus meningkat,” beber Adi.

Fungsi coating di sepeda tak berbeda dengan di mobil. Mulai menjaga cat dan selalu terlihat mengilap, juga melindungi bodi sepeda. ”Ketika gowes bareng teman atau komunitas, tak jarang sepeda terkena kotoran, lumpu, bahkan kesenggol sehingga baret. Nah, coating di sepeda gunanya untuk melindungi dari hal-hal tersebut,” katanya.

BACA JUGA: Pengguna Sepeda Naik 1000 Persen!
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1592 seconds (0.1#10.140)