Langkah Aman Saat Gunakan WiFi Gratis

Kamis, 02 Maret 2017 - 10:06 WIB
Langkah Aman Saat Gunakan WiFi Gratis
Langkah Aman Saat Gunakan WiFi Gratis
A A A
JAKARTA - Dengan tersedianya WiFi publik di tempat-tempat umum membuat orang dapat mengakses internet dimana saja. Namun beberapa penelitian menyebutkan, penggunaan WiFi umum ini ternyata membuat perangkat yamg digunakan mudah diserang peretas.

Lalu bagaimana caranya agar perangkat tetap aman meski sedang terkoneksi dengan WiFi ditempat umum. Sebagaimana dilansir dari ScoopWhoop, Rabu (1/3/2017), setidaknya ada beberapa langkah yang dapat dilakukan agar perangkat tetap aman.

1. Lakukan Pengecekan Nama WiFi

Mungkin Anda sering nongkrong di tempat-tempat populer dan ingin memanfaatkan koneksi gratis yang tersedia. Cek kembali nama WiFi yang ada, sebab biasanya peretas menggunakan nama mirip dengan WiFi di tempat umum.

Agar lebih aman, tanyakan nama WiFi kepada karyawan tempat kamu berada mengenai kebenaran nama dan kata sandi WiFi yang digunakan di tempat tersebut.

2. Hindari Akses Informasi Sensitif

Sebaiknya hindari untuk mengakses berbagai informasi sensitif. Misalnya saja mengakses email, layanan perbankan, akun kartu kredit, ataupun berbelanja online. Disini biasanya pereras mulai melancarkan aksinya

3. Atur Manual WiFi

Untuk terkoneksi dengan WiFi pastikan perangkat Anfa tidak terkoneksi langsung. Pasalnya banyak WiFi yamg tidak menggunakan password dan dapat langsung terkoneksi ke perangkat ketika WiFi diaktifkan, hal ini ternyata berbahaya.

Pastikan Anda terkoneksi dengan memasukkan username dan password secara manual.

4. Jangan Lupa Log Out


Saat selesai menggunakan WiFi di tempat umum, jangan lupa untuk log out dari akun-akun personal yang tadi sempat dibuka. Misalnya saja kamu mengakses media sosial dan data pribadi lainnya.

5. Gunakan VPN

Virtual Private Network (VPN) ini merupakan cara aman untuk mengarahkan lalu lintas web ke jaringan internet aman.

Demikian beberapa langkah aman saat terknoneksi dengan WiFi publik. Selamat mencoba.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4890 seconds (0.1#10.140)