Begini Cara Menonton Detik-Detik Roket NASA Terbang ke Mars

Kamis, 30 Juli 2020 - 20:03 WIB
loading...
Begini Cara Menonton Detik-Detik Roket NASA Terbang ke Mars
rocket United Launch Alliance Atlas V dari Space Launch Complex 41 di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat. FOTO/ IST
A A A
FLORIDA - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) siap meluncurkan misi ke Mars hari ini, Kamis (30/7/2020). BACA JUGA - Biar Nggak Dipotong Besok, Kambing Ini Pintar Pura Pura Mati

Misi yang akan membawa river Perseverance ke Planet Merah ini bakal diluncurkan dengan rocket United Launch Alliance Atlas V dari Space Launch Complex 41 di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat.

Peluncuran roket akan dilangsungkan pukul 18.50 WIB dan bisa ditonton secara langsung.

Live streaming akan dimulai pukul 7.50 EDT atau 18.00 WIB, dengan jendela peluncuran yang akan dibuka hingga pukul 9.50 EDT atau 20.50 WIB.

Peluncuran ini bisa disaksikan melalui channel YouTube resmi NASA atau lewat NASA.gov/nasalive.

Dikutip dari laman Space, Kamis (30/7/2020), perkiraan cuaca saat peluncuran terbilang bagus.

Kemungkinan cuaca cerah mencapai 80%, dan kemungkinan kecil cuaca berawan.

Setelah meluncur ke orbit, Perseverance akan menempuh perjalanan selama tujuh bulan dengan jarak 469 juta km menuju Mars dan akan berujung pada proses pendaratan yang disebut NASA "tujuh menit penuh teror".

Peluncuran misi ini akan mengirim Perseverance selama 7 bulan menuju Planet Merah. Perjalanan ini akan berakhir dengan pendaratan di Kawah Jezero di permukaan Mars pada 18 Februari 2021.

Robot penjelajah bertenaga nuklir ini kemudian akan menghabiskan setidaknya satu tahun Mars yang setara hampir dua tahun Bumi menjelajahi Jezero selebar 28 mil (45 kilometer). Jezero diyakini adalah sebuah danau dan delta sungai di masa lalu.

Robot sebesar mobil ini akan mencarai tanda-tanda kehidupan Mars di masa lampau, mempelajari geologi kawahm dan mengumpulkan serta menyimpan beberapa lusin sampel untuk kemudian dibawa kembali ke Bumi.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1061 seconds (0.1#10.140)