WikiLeaks Ungkap Alat Canggih yang Digunakan CIA untuk Meretas & Sadap

Kamis, 09 Maret 2017 - 17:02 WIB
WikiLeaks Ungkap Alat Canggih yang Digunakan CIA untuk Meretas & Sadap
WikiLeaks Ungkap Alat Canggih yang Digunakan CIA untuk Meretas & Sadap
A A A
NEW YORK - WikiLeaks sebut CIA mempunyai akses untuk meretas ponsel berbasis iPhone, Android, komputer klasik, bahkan merusak enkripsi aplikasi smartphone populer seperti WhatApp dan Signal dengan menggunakan peralatan canggih.

Seperti dilansir dari Reuters, Kamis (9/3/2017), WikiLeaks merilis ribuan dokumen yang diklaim memuat alat CIA dalam melakukan peretasan (hack) dan spionase siber (cyberespionage). Temuan ini bahkan disebut-sebut sebagai publikasi dokumen rahasia CIA terbesar.

Selain itu, alat tersebut juga memungkinkan agen spionase untuk mengambil alih smart TV Samsung dan mengubahnya menjadi peralatan spionase dengan menggunakan perangkat mikrofon built-in untuk menguping percakapan di sekitarnya.

Juru bicara Gedung Putih Sean Spicer.mengatakan pada hari Rabu Presiden Donald Trump mengungkapkan keprihatinanya tentang pelanggaran keamanan CIA seperti yang dirilis WikiLeaks.

"Siapa saja yang membocorkan informasi rahasia akan dihukum tingkat tertinggi," kata juru bicara Sean Spicer menyampakan pesan Trump.

Tak hanya itu, WikiLeaks pula membeberkan bahwa CIA menggunakan berbagai teknik peretasan utk membuat serangannya kelihatan seolah-olah dilakukan oleh Rusia.

WikiLeaks mengklaim pada 2016, peretas CIA telah memanfaatkan lebih lebih dari satu kode untuk program senjata siber dari-pada kode-kode yang digunakan oleh Facebook.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.8334 seconds (0.1#10.140)