Mobil Hemat Energi Mahasiswa Indonesia Akan Bertarung di SEM Asia 2017

Jum'at, 10 Maret 2017 - 13:52 WIB
Mobil Hemat Energi Mahasiswa Indonesia Akan Bertarung di SEM Asia 2017
Mobil Hemat Energi Mahasiswa Indonesia Akan Bertarung di SEM Asia 2017
A A A
JAKARTA - Shell Eco-marathon (SEM) Asia 2017 akan digelar di Changi Exhibition Center, Singapura pada 16 – 19 Maret 2017 mendatang. Untuk pertama kalinya, kompetisi unik yang menantang para tim mahasiswa dari berbagai negara di Asia Pasifik dan Timur Tengah untuk berkompetisi dalam mendesain, membangun, dan mengendarai kendaraan paling hemat energi di dunia ini akan berlangsung di Singapura.

Tahun ini, Singapura untuk pertama kalinya akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan festival Make The Future Singapore 2017 (MTFS), sebuah festival yang menampilkan berbagai gagasan dan inovasi seputar energi yang terkait dengan tantangan energi global untuk menghasilkan lebih banyak energi bersih dan rendah CO2. MTFS akan menampilkan tiga zona interaktif yaitu “Our Energy Future”, “On The Move” dan “Live, Work, Play” dan kompetisi SEM Asia 2017 akan menjadi salah satu sorotan utama dalam festival ini.

"Kami senang sekali melihat antusiasme yang semakin tinggi dari mahasiswa Indonesia pada ajang SEM Asia di tahun ke-delapan ini. Partisipasi ini menunjukkan luasnya sebaran dan konsistensi keterlibatan generasi muda Indonesia untuk secara langsung membantu dunia menghadapi tantangan energi masa depan. Di Shell kami mengampanyekan ‘Make The Future’ yang mendorong segala upaya untuk bersama-sama mengatasi tantangan energi dan bekerja untuk solusi energi yang lebih bersih di manapun kami berada, termasuk di Indonesia," ujar Darwin Silalahi, Country Chairman dan Presiden Direktur PT Shell Indonesia, di Jakarta, Jumat (10/3/2017).

Lebih lanjut, Darwin mengungkapkan bahwa melalui Make The Future Singapore 2017 ini, Shell berharap bahwa gagasan cemerlang yang dimiliki para mahasiswa Indonesia dapat menginspirasi generasi muda Indonesia lainnya di seluruh penjuru negeri, dapat membuka berbagai potensi yang ada di seluruh Indonesia dan mendorong kerjasama untuk mengubah potensi menjadi solusi yang nyata untuk Indonesia, Asia serta dunia yang lebih luas.

Sementara itu, Norman Koch, General Manager, Shell Eco-marathon menambahkan, "Dengan hadirnya Shell Eco-marathon Asia di Singapura dan menjadi bagian dari festival Make the Future yang lebih besar, kami berharap ajang ini dapat menginspirasi lebih banyak anak muda berbakat untuk berkontribusi dalam menciptakan teknologi canggih di bidang mobilitas dan energi. Melalui Shell Eco-marathon Asia, kami ingin membantu dunia memenuhi kebutuhan energi dalam cara yang bertanggung jawab melalui kerjasama dengan pelajar/mahasiswa, mitra dan pemangku kepentingan lainnya."

Tahun ini, terdapat 26 tim mahasiswa Indonesia dari 19 perguruan tinggi di 8 propinsi yang akan mewakili Indonesia di ajang SEM Asia 2017. Tim yang akan bekompetisi diantaranya tim-tim yang telah berkompetisi di SEM Asia pada tahun-tahun sebelumnya yaitu tim Nakoela/Sadewa dari Universitas Indonesia (UI) serta Tim Bumi Siliwangi dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung yang menjadi juara pada SEM Asia Manila 2016 dan tim Batavia Gasoline dan Batavia Generation dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ).
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1051 seconds (0.1#10.140)