Ini Alasan NASA Gunakan Plutonium untuk Tenagai Rover Mars Perseverance

Jum'at, 31 Juli 2020 - 03:01 WIB
loading...
Ini Alasan NASA Gunakan Plutonium untuk Tenagai Rover Mars Perseverance
Untuk Rover Mars Perseverance, NASA beralih ke plutonium dalam sebuah sistem yang disebut Multi-Mission Radioisotope Thermoelectric Generator (MMRTG). Sumber tenaga ini dapat memberi daya pada pesawat ruang angkasa selama sekitar 14 tahun. Foto/ist
A A A
HOUSTON - Sebuah pesawat ruang angkasa hanya sekuat sumber dayanya. Itulah sebabnya NASA merancang Rover Mars Perseverance dengan plutonium radioaktif, bukan sel Matahari. (Baca juga: NASA Luncurkan Mars Rover, Pencarian Makhluk Luar Angkasa Dimulai )

Plutonium yang "diledakkan" tersebut tidak dalam bentuk sama seperti yang digunakan untuk senjata. Plutonium itu terlindungi dengan baik jika ada sesuatu yang salah selama peluncuran. Unit-unit plutonium ini merupakan sumber daya yang kuat untuk pesawat ruang angkasa, sebut saja Curiosity NASA yang beroperasi pada tenaga yang sama.

"NASA suka menjelajah, dan kami harus menjelajahi di beberapa lokasi yang sangat jauh, lokasi berdebu, lokasi gelap dan lingkungan yang keras," kata June Zakrajsek, pakar bahan bakar nuklir di Pusat Penelitian Glenn NASA di Ohio, AS kepada wartawan di Departemen Energi (DOE) tentang misi Perseverance.

Lebih lanjut dia menjelaskan, ketika kita berada di lingkungan seperti itu, energi Matahari kadang-kadang tidak memberikan kekuatan yang dibutuhkan. "Cahaya tidak sampai ke lokasi seperti yang kita perlukan," katanya seperti dikutip dari Space.com.

Beberapa misi NASA ke Mars telah menggunakan energi Matahari. Salah satunya pendarat InSight yang saat ini beroperasi di Planet Merah yang memiliki panel surya, seperti yang dilakukan penjelajah kembat Spirit dan Opportunity awal abad ini.

Tapi Opportunity ialah maskot untuk kelemahan energi surya di Mars, karena kendaraan itu berakhir datang ketika badai debu global besar-besaran memblokirnya agar tidak memasuki cahaya Matahari. Jadi ketika kendaraan penjelajah mengemas tenaga nuklir, maka peneliti di Bumi tidak perlu khawatir lagi tentang skenario itu.

Jadi untuk Rover Mars Perseverance, NASA beralih ke plutonium dalam sebuah sistem yang disebut Multi-Mission Radioisotope Thermoelectric Generator (MMRTG). Sumber tenaga ini dapat memberi daya pada pesawat ruang angkasa selama sekitar 14 tahun.

"Anda tidak memiliki kabel ekstensi, Anda tidak dapat kehabisan tukang reparasi," kata Bob Wham, seorang ahli bahan bakar nuklir di Oak Ridge National Laboratory. Dia menegaskan, plutonium benar-benar dapat diandalkan.

MMRTG Perseverance dirancang untuk menghasilkan daya 110 watt, hampir sama dengan yang digunakan oleh bola lampu. Plutonium akan membusuk, memancarkan panas yang diubah oleh generator menjadi energi untuk menyalakan semua instrumen penjelajah, ditambah menghasilkan panas yang cukup demi melindungi pesawat ruang angkasa dari malam yang membeku dan musim dingin di Mars.

Plutonium dimulai sebagai elemen yang sepenuhnya berbeda, neptunium, yang diiradiasi para ilmuwan dengan neutron dalam reaktor nuklir selama hampir dua bulan untuk mengubahnya menjadi bentuk plutonium yang dibutuhkan bagi MMRTG. Plutonium kemudian dikombinasikan dengan keramik, membuat senyawa yang lebih aman daripada yang digunakan dalam senjata.

Namun demikian, menempatkan sumber tenaga nuklir di ujung roket masih mendorong beberapa langkah peringatan. Yang paling penting, setiap elemen plutonium terbungkus dalam iridium, yang akan mengandung bahan radioaktif jika jatuh kembali ke Bumi.

Menurut NASA dan DOE, itu terjadi pada sumber-sumber tenaga nuklir yang terikat ruang angkasa pada tiga kesempatan, tidak ada yang menyebabkan kerusakan, dengan salah satu sumber daya bahkan diambil dari laut untuk digunakan nanti pada misi lain. (Baca juga: Tangkap Djoko Tjandra, Kabareskrim: Ini untuk Jawab Keraguan Publik )

NASA memperkuat tim pengendali misi untuk peluncuran semacam itu dengan personel tambahan guna mengoordinasikan setiap tanggapan yang diperlukan terhadap aspek misi nuklir. Untuk peluncuran Rover Mars Perseverance, pemerintah mencontoh sejumlah besar hal yang bisa salah pada hari peluncuran.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2384 seconds (0.1#10.140)