alexa snippet

KTM 1290 Super Adventure S, Diklaim Jadi Motor Teraman di Dunia

KTM 1290 Super Adventure S, Diklaim Jadi Motor Teraman di Dunia
KTM 1290 Super Adventure S. FOTO/ Morebikes
A+ A-
WINA - KTM resmi merilis 1290 Super Adventure S, KTM mengambil bentuk yang lebih kompak dari varian 1.190 Adventure. Untuk memberikan kesan lebih bagi para bikers petualang, KTM 1290 Super Adventure siap memanjakan mereka.

Seperti dilansir dari Morebikes, Motor anyar KTM ini kini memiliki fairing baru dengan panel samping yang lebih besar dan ventilasi udara baru di depan lutut pengendara. Pelindung mesin juga diciptakan dengan bentuk baru untuk mengikuti desain fairing. Dikombinasikan dengan kaca depan lebih tinggi.

Ternyata KTM 1290 Super Adventure di bekali teknologi terbaru yang mereka aplikasi adalah sistem pengereman ABS Pro (Anti-lock Braking System generasi kedua). Sistem ini pertama kali dikembangkan oleh BOSCH (perusahaan komponen asal Jerman) yang diujicoba di motor BMW S1000RR.

Sistem pengereman ini punya kelebihan membaca daya grip ban dan traksi roda. Sehingga ketika menikung dalam kondisi jalan ekstrim pun tidak akan jadi masalah. Bersamaan dengan aplikasi sistem ABS Pro, KTM juga memasang kontrol traksi, cruise control, semi active suspension dari WP. Jadi ban dijamin takkan ngunci dalam kondisi apapun.

Untuk bagian mesin, bisa dikatakan menggunakan mesin yang baru. Mesin 1.300 cc V-Twin yang diusungnya, diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 160 hp dan torsi maksimum 110,6 lb-ft.

Memang ada sedikit kesamaan bentuk komponen dengan yang digunakan di KTM 1290 Super Duke R. Misalnya seperti blok silinder, connecting rod dan katup. Tapi desain bagian crankshaft dan silindernya sangat berbeda. Bobotnya pun dibikin lebih berat.

Penambahan fitur lain diantaranya adalah dengan pemanas grip tangan, penghangat jok dan pengurangan dimensi tangki yang kini hanya bisa menampung 31 liter. Makanya KTM tidak segan untuk mengklaim bahwa itu adalah motor teraman di dunia (saat ini).

Bagian yang mengesankan adalah sistem operasi windshield di motor ini cukup mudah. Hanya dengan sentuhan 1 tangan, windshield bisa disetel sesuai dengan tingkat kenyamanan pengendara.



(wbs)
loading gif
Top