alexa snippet

Selain Smartphone Lipat, Samsung Punya Model Radikal Lain

Selain Smartphone Lipat, Samsung Punya Model Radikal Lain
Samsung segera meluncurkan Smartphone yang bisa gulung dan lipat. FOTO/DAILY
A+ A-
SEOUL - Setelah lama digembar-gemborkan akhirnya, Samsung  akan mengumumkan smartphone lipatnya dari pada tahun 2017. Samsung memperlihatkan prototipe displai 5.7 inc. Displai OLED yang bisa dilipat tebalnya hanya 0.3mm dan bisa digulung membentuk lingkaran dengan diamerter  10mm.

Seperi dilansir dari Business Insider sebuah prototipe dilaporkan bakal meluncur dan diberikan ke pada sejumlah mitra Samsung.
  
Kemudian mereka bakal menguji dan memperkirakan yang dibutuhkan dari konsumen. Namun menurut sumber, versi komersial smartphone lipat itu bukan akan dirilis pada tahun ini.

Produksi massal dan peluncurannya diprediksi akan terjadi pada 2018. Menurut data The Korea Herald  Samsung dan LG berencana untuk meluncurkan ponsel ditekuk dan digulung Febuari 2017. Tahun lalu Samsung dianugerahi atas paten untuk desain radikal yang memungkinkan ponsel untuk melipat dua dan juga tipe yang bisa gulung.

Bahkan dokumen SID Display Week 2016, memperlihatkan Samsung prototipe displai 5.7 inc. Displai OLED yang bisa dilipat tebalnya hanya 0.3mm dan bisa digulung membentuk lingkaran dengan diamerter  10mm. Kedua perangkat menggunakan dioda organik pemancar cahaya untuk membuat layar tipis yang bisa ditekuk dan digulung tanpa bisa patah.

 " Pengembangan OLED Lipat berlangsung sesuai dengan rencana kami . Kami berencana akan memproduksi massal dan melepaskan produk ini ke pasar, dengan membahas lebih dahulu dengan  mitra kami. ' tutur Direktur divisi Tampilan Samsung Lee Chang-hoon.

Dianugerahi Desain Radikal, Samsung Perlihatkan Smartphone Gulung dan Lipat

Divisi pembuat layar milik Samsung, Samsung Display, sedang bersiap untuk membuat panel layar tersebut. Samsung mengakui bahwa pabrik mereka dapat memproduksi 30,000 hingga 40,000 layar tekuk tiap bulannya pada akhir tahun depan.

Jika dilihat, kapasitas produksi Samsung yang besar tersebut belum bisa ditandingi oleh para kompetitornya hingga tahun 2017.

Samsung sebenarnya telah meriset pengembangan smartphone yang bisa dilipat ini sejak tiga tahun lalu. Targetnya adalah menghasilkan sebuah perangkat yang akan menjadi smartphone 5-inci bila dilipat dan berubah menjadi tablet 7-inci saat lipatannya dibuka.

Dianugerahi Desain Radikal, Samsung Perlihatkan Smartphone Gulung dan Lipat
Proyek smartphone lipat ini dikatakan memiliki layar OLED yang bisa dilipat menjadi dua layaknya sebuah dompet, sehingga akan lebih mudah untuk menyisipkannya ke dalam saku.

Terlepas dari prototipe layar lipat dan gulung, proyek ini pun masih memiliki beberapa tugas lain membuat modul pendukung sebelum bisa mulai diproduksi secara massal. Samsung sendiri telah mengajukan hak paten untuk berbagai teknologi yang berhubungan dengan smartphone lipat ini. Para pakar percaya jika kehadiran smartphone lipat dan gulung bisa membawa momentum di pasar smartphone yang sedang melambat.
(wbs)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top