Barisan Vespa Legendaris di Dunia dan Sejarahnya

Jum'at, 24 Maret 2017 - 14:03 WIB
Barisan Vespa Legendaris di Dunia dan Sejarahnya
Barisan Vespa Legendaris di Dunia dan Sejarahnya
A A A
MILAN - Heboh Vespa tertua di dunia yang dilelang dengan harga sebesar £ 282.000 atau setara dengan Rp4,7 miliar ini membuat banyak yang penasaran dengan Vespa tahun 1946 dengan mesin 98cc dan generasi penerusnya.

Sepeda motor asal Italia Vespa pertama ini dikenal sebagai Vespa 98cc yang diproduksi di Pontedera, Italia, bandrol yang tinggi dan penggemar yang tidak ada matinya, membuat SINDOnews mencoba mencari tahu dengan mengutip dari berbagai sumber diantaranya Thelocal.it dan Enca Skuter, Vespa kini menjadi skuter yang legendaris. Seiring perkembangan zaman, desain khas skuter asal Italia. Menginjak usia 71 tahun.
Barisan Vespa Legendaris di Dunia dan Sejarahnya


Ada beberapa model Vespa yang popular semisal Vespa 98cc (1946). Vespa pertama yang dibuat pada 1946 ini diproduksi selama dua tahun. Skuter ini mampu menempuh kecepatan hingga 60 mil per jam (96 km/jam).

Barisan Vespa Legendaris di Dunia dan Sejarahnya


Ada pula 125U (1953). Pada 1953, Vespa kembali mengeluarkan model 125U. 'U' berarti 'utilitarian' atau 'bermanfaat'. Skuter ini diproduksi untuk bersaing dengan rivalnya, Lambretta. Hanya 7.000 model pernah dibuat.

Barisan Vespa Legendaris di Dunia dan Sejarahnya


Vespa 150 TAP (1956). Skuter ini dibuat di Perancis. Model ini memiliki frame yang diperkuat dan terdapat senapan yang melekat pada bodinya. Model ini benar-benar menggambarkan inspirasinya dari Cushman Airborne, skuter Amerika yang diterjunkan untuk bantuan perang.
Barisan Vespa Legendaris di Dunia dan Sejarahnya


Vespa 125 Primavera (1960). Ini adalah model Piaggio yang menggambarkan kesuksesan Vespa berkat umur panjangnya. Skuter ini memiliki frame kecil dan ringan yang ditawarkan dengan kenyamanan. Model ini sangat ikonik sehingga Piaggio memperbaruinya menjadi Primavera 150.

Barisan Vespa Legendaris di Dunia dan Sejarahnya


Vespa 946 (2013). Skuter model ini menjadi bukti bahwa Vespa telah bertransformasi dari solusi transportasi murah menjadi 'aksesori' fashion yang sangat dicari. Maklum, Vespa 946 didukung dengan jok kulit dan mesin berpendingin udara baru dari Piaggio. Harganya bisa disamakan dengan harga mobil.

Barisan Vespa Legendaris di Dunia dan Sejarahnya


Vespa telah menciptakan romantisme dan perjalanan indah di sekitar kota di Italia. Tapi, skuter ini tidak akan lahir tanpa adanya Perang Dunia II.

Vespa terinspirasi dari Cushman Airborne, sepeda motor baja buatan Amerika yang digunakan oleh tentara Italia selama perang. Pesawat Sekutu telah menjatuhkan kendaraan yang kuat tapi kompak menggunakan parasut ke Milan dan Turin dan tentara menggunakan kendaraan itu.

Piaggio mendekati Corradino D'Ascanio untuk merancang sepeda motor baru. Corradino D'Ascanio adalah seorang insinyur yang telah membuat glider sendiri pada usia 15 tahun dan merancang helikopter pertama Italia.

D'Ascanio mencintai pekerjaan manual dan kabarnya dia bisa merenda, menyulam dan bermain biola. Tapi masalahnya adalah, dia membenci sepeda motor.

Baca: Vespa 98cc Tertua di Dunia Dilelang dengan Penuh Karat


D'Ascanio menganggap bahwa sepeda motor terlalu besar, kotor dan tidak bisa diandalkan. Jadilah dia membuat kendaraan roda dua yang tidak seperti sepeda motor. Dia memindahkan tuas transmisi ke setang untuk kenyamanan dan menempatkan mesin di bawah jok.

Vespa pun lahir. Dalam bahasa Italia, vespa artinya 'tawon'. Hal itu menggambarkan skuter Vespa versi awal terdengar seperti dengungan serangga.

Hollywood berperan penting dalam mengangkat nama Vespa sebagai ikon skuter internasional. Bintang seperti Anita Ekberg di film La Dolce Vita dan Audrey Hepburn di film Roman Holiday mengelilingi sekitaran Italia menggunakan skuter itu dan khalayak dari film itu ingin segera mengikutinya menggunakan skuter.

Barisan Vespa Legendaris di Dunia dan Sejarahnya


Vespa menjadi ikon fashion, Vespa telah ditiru beberapa pabrikan. Tapi tidak ada yang mampu membut 100 persen mirip seperti Vespa aslinya.

Ada beberapa skuter yang mirip dengan Vespa seperti Fuji Rabbit di Jepang, Zündapp di Jerman, Triumph Tigress di Inggris dan Vyatka di Rusia. Tidak satu pun dari mereka bisa mencapai keberhasilan Vespa di ranah global.

Skuter yang terinspirasi dari Vespa itu tidak berlangsung lebih dari beberapa dekade. Sementara Vespa terus menguat di seluruh dunia.

Disebut-sebut, Italia dan Inggris adalah pasar terbesar pertama dan kedua berturut-turut bagi Vespa. Tapi kemudian, Vespa memproduksi skuter di India, Indonesia, Taiwan dan Inggris.

Piaggio sekarang telah menghasilkan lebih dari 150 model Vespa asli yang beradaptasi dengan perubahan kebutuhan dan mode. Dan sekitar 18 juta skuter telah terjual sampai saat ini.

Lebih dari 6.000 orang adalah anggota dari Piaggio Vespa Club. Anggota komunitas itu tersebar di kota-kota di seluruh dunia dan menjadi tuan rumah kejuaraan tahunan.

Barisan Vespa Legendaris di Dunia dan Sejarahnya


Untuk memasarkan skuter Vespa, banyak slogan yang lahir. Kampanye iklan asli Vespa memiliki slogan yang menyebut Vespa "Bukan sepeda motor, tapi mobil kecil dengan dua roda".

Pada 1950, slogan baru Vespa yaitu, 'Untuk perkerjaanmu, untukmu bersantai, Vespa-kan dirimu'. Slogan itu akhirnya menciptakan verba 'vespizzare' yang berarti 'Mem-Vespakan diri'.

Ketika Italia memenangkan Piala Dunia pada 1982, banyak yang menyanyikan lagu kebangsaan Italia dan menggantinya dengan kata 'Vespa' di baris kedua lagu itu. Redaksional lagu kebangsaan Italia yang seharusnya "L'Italia s'e desta" (Italia telah bangkit) diganti menjadi "L'Italia s'e Vespa" untuk sentuhan patriotik.

Tepat 23 April 2016, Vespa menginjak usia ke-70 tahun. Enrico Piaggio telah mendaftarkan paten di Tuscan pada 23 April 1946 yang menandai kelahiran Vespa di dunia.

Hingga kini nama Vespa terus menjadi legenda dan semakin sukses. Dari penjualan sebanyak 2.284 pada 1946, produksi tahunan ditingkatkan menjadi hampir 20.000 unit dalam waktu dua tahun setelah kelahirannya dan 60.000 unit pada 1950.

Pada pertengahan 1950-an, penjualan Vespa meningkat tiga kali lipat. Skuter Vespa pun diproduksi di 13 negara. Hingga kini, lebih dari 18 juta model Vespa telah terjual.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7818 seconds (0.1#10.140)