Cara Memaksimalkan Hasil Kamera Handphone ala Fotografer Profesional

Jum'at, 24 Maret 2017 - 18:50 WIB
Cara Memaksimalkan Hasil Kamera Handphone ala Fotografer Profesional
Cara Memaksimalkan Hasil Kamera Handphone ala Fotografer Profesional
A A A
JAKARTA - Kamera pada smartphone saat ini menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa dihindari. Hampir setiap smartphone saat ini menyematkan kamera yang begitu mumpuni. Bahkan dalam keadaan tertentu, hasil tangkapannya menyerupai DSLR.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan kamera pada perangkat smartphone agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam hal ini fotografer profesional Arbain Rambey berbagi tips memaksimalkan kamera smartphone disela peluncuran buku Adventure Smartphone Photography 2.

"Pada dasarnya kamera pada smartphone saat ini sudah bagus-bagus. Hanya saja orang-orang kadang tidak sadar melakukan kesalahan sebelum mengambil gambar," ujar Arbain, di Jakarta, Jumat, (24/3/2017).

Dalam hal ini dirinya menjelaskan, orang itu sering tidak sadar bila kamera smartphone mereka sering terkena ceplakan jari. Dengan begitu hasilnya tentu saja kabur, padahal sebenarnya kamera tersebut sudah memiliki kemampuan yang cukup baik. Oleh karena itu sebaiknya biasakan untuk terlebih dahulu membersihkan kamera sebelum mengambil gambar.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan, hasil tangkapan kamera smartphone itu tidak bisa dibedakan dalam beberapa kondisi. Dalam kondisi tertentu kamera smartphone sekarang sudah sama dengan kemampuan kamera poket dua tahun lalu.

Hanya saja pada saat mengambil gambar pengguna tahu cara memaksimalkannya. "Saat mengambil gambar pastikan tidak melawan cahaya dan pastikan cahaya dalam keadaan normal. Selain itu posisi jari jangan terlalu jauh dari tombol kamera, sebab kalau ketika ditekan akan menghasilkan goncangan. Objek yang tidak bergerak saat diambil pun akan mempengaruhi hasil tangkapan," jelasnya.

Dengan melakukan beberapa cara yang telah disebutkan, Rambey mengaku gambar yang dihasilkan tidak bisa dibedakan anatar hasil kamera smartphone dengan kamera profesional. Hal ini telah dibuktikan jebolan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut dengan melahirkan buku Adventure Smartphone Photography 2. Dimana buku tersebut berisi hasil jepretannya saat berpetualang menggunakan smartphone.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6888 seconds (0.1#10.140)