alexametrics

5 Tips Terhindar Kejahatan Digital saat Belanja Online

loading...
5 Tips Terhindar Kejahatan Digital saat Belanja Online
Sebelum melakukan aktivitas belanja online, pengguna sebaiknya memastikan terlebih dahulu keamanan bertransaksi lewat smartphone. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Besarnya jumlah uang yang berputar dalam aktivitas belanja online memberikan gambaran mengapa pengguna smartphone menjadi sasaran empuk pelaku kejahatan digital. Kemudahan yang diberikan pada sistem belanja online namun risikonya juga cukup besar.

"Seperti sebuah adagium yang mengatakan, bahwa di mana ada uang dan pengguna maka penjahat digital juga akan ada di sana. Untuk itu, pengguna perlu memastikan keamanan saat bertransaksi lewat smartphone," ujar Technical Consultant PT Prosperita – ESET Indonesia, Yudhi Kukuh, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (24/3/2017).

Untuk itu, ESET Indonesia memberikan tips bagaimana menghindari kejahatan digital saat belanja online, sebagai berikut:



1. Gunakan aplikasi resmi

Jika Anda akan mengakses belanja online gunakan aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh toko online. Aplikasi resmi hanya terdapat di Google Play Store atau Apple App Store.

Aplikasi-aplikasi yang masuk toko aplikasi pihak ketiga seringkali tidak melalui pemeriksaan keamanan sehingga kemungkinan besar mengandung malware berbahaya atau ransomware ponsel.

2. Pelajari permintaan akses pada aplikasi smartphone

Jangan mudah memberikan hak admin terhadap aplikasi yang terinstal pada perangkat. Pelajari terlebih dahulu permintaan akses pada aplikasi smartphone tersebut.

Beberapa malware ponsel memiliki kebiasaan meminta hak admin. Tujuannya untuk memperoleh akses ke fungsi yang paling penting sehingga mampu mengontrol ponsel dan melakukan berbagai kegiatan ilegal tanpa sepengetahuan pemiliknya.

3. Hati-hati menyimpan informasi penting


Jangan sembarang menyimpan informasi penting, seperti username/password dan nomor kartu kredit. Begitu besar peralihan pengguna komputer ke smartphone dan tablet karena didorong oleh fleksibilitas dalam penggunaan, kemampuan menyimpan data dan berbagai keunggulan lain yang mempermudah manusia dalam beraktivitas.

4. Pastikan mengunci komputer/smartphone

Kebiasaan menyimpan informasi login serta metode pembayaran pada aplikasi/browser dapat dengan mudah digunakan oleh orang yamg memiliki hak akses ke perangkat. Untuk itu, pastikan komputer atau smartphone Anda terkunci.

5. Dilengkapi fitur banking dan Payment Protection


Bila harus menggunakan browser, pastikan browser yang digunakan dilengkapi fitur Banking dan Payment Protection yang mampu memberikan keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi.
(dmd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak