Mobil Tertua di Bangkok Motor Show 2017 Berusia 100 Tahun

Rabu, 29 Maret 2017 - 22:07 WIB
Mobil Tertua di Bangkok Motor Show 2017 Berusia 100 Tahun
Mobil Tertua di Bangkok Motor Show 2017 Berusia 100 Tahun
A A A
BANGKOK - Bangkok International Motor Show (BIMS) 2017 tidak hanya menampilkan mobil dan motor terbaru. Pada pameran automotif yang telah berusia ke-38 ini juga menampilkan mobil klasik. Salah adalah Mitsubishi Model A yang dibawa oleh Mitsubishi Thailand.

Tidak main-main usia mobil ini sudah sangat tua. Mitsubishi Model A pertama kali dibuat pada 1917 atau tahun ini tepat satu abad (100 tahun). Selain sebagai mobil tertua, Mitsubishi Model A juga merupakan mobil yang istimewa bagi Jepang.

Mobil ini adalah mobil penumpang pertama Jepang yang diproduksi massal. Meski ada kata massal, jumlah Mitsubishi Model A yang diproduksi cukup sedikit. Hingga kini ada 22 unit Mitsubishi Model A saja yang di dunia. Termasuk salah satunya yang hadir di Bangkok International Motor Show (BIMS) 2017.

Mitsubishi Model A hadir dalam bentuk sedan empat pintu. Mobil ini biasa mengangkut tujuh penumpang sekaligus. Mobil ini dilengkapi dengan mesin 4 sejajar dengan kapasitas silinder 2,8 liter. Mesin tersebut mampu menggelontorkan tenaga sebesar 35 daya kuda. Kecepatan maksimal adalah 90 kilometer per jam.

Saat diproduksi mobil ini dibuat sebagai mobil mewah dan mengincar orang-orang elit di Jepang. Sayang, waktu itu harga Mitsubishi Model A justru sangat mahal jika dibandingkan dengan mobil-mobil buatan Amerika yang masuk ke Jepang.

Alhasil mobil tersebut tidak mampu bertahan lama. Hingga kini hanya 22 Mitsubishi Model A yang eksis. Bahkan tersiar kabar sebenarnya seluruh mobil tersebut bukanlah mobil sebenarnya. Mitsubishi Model A hanyalah model restorasi yang dibuat oleh penggemar berat Mitsubishi Model A.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7021 seconds (0.1#10.140)