Ada Yamaha Fino, Honda Yakin Scoopy Pimpin Skutik Retro

Kamis, 30 Maret 2017 - 14:09 WIB
Ada Yamaha Fino, Honda Yakin Scoopy Pimpin Skutik Retro
Ada Yamaha Fino, Honda Yakin Scoopy Pimpin Skutik Retro
A A A
JAKARTA - Honda bukan menjadi satu-satunya pemain skuter matik (skutik) retro di Indonesia. Bisa dibilang untuk segmen ini, Honda berhadapan langsung Yamaha.

Sebagaimana mana diketahui Honda memiliki Scoopy dan Yamaha memiliki Fino. Meski begitu, Honda meyakini bila Scoopy akan tetap berada di atas pesaingnya. Hal ini setidaknya karena pemain skutik retro di Indonesia hanya dua.

"Saya yakin tetap di atas. Kalau kita lihat ini sekitar 55 ribu unit per bulan dan market share kami 70-an persenan," ujar Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor (AHM), Johannes Loman, di Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Loman pun meyakini bila skutik model retro dapat bertahan di tengah banyaknya model skuter di Indonesia.

"Menurut saya, pasar itu dipengaruhi oleh produk apa yang dikeluarkan. Kalau satu segmen produknya itu bagus, pasarnya pasti bisa membesar," ungkap Loman.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan Scoopy meningkat signifikan hingga 36,6 % pada 2016 dibandingkan pada 2015, dengan total penjualan sebanyak 528.622 unit. Angka itu justru naik di tengah menurunnya penjualan total skutik Tanah Air yakni sebesar 3,9%.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9324 seconds (0.1#10.140)