Suku Mante, Mahluk Mitos Paling Dicari Ketangkap Klub Motor Aceh

Jum'at, 31 Maret 2017 - 17:42 WIB
Suku Mante, Mahluk Mitos Paling Dicari Ketangkap Klub Motor Aceh
Suku Mante, Mahluk Mitos Paling Dicari Ketangkap Klub Motor Aceh
A A A
ACEH - Perjalanan touring para pecinta motor cross di Banda Aceh, ibukota Provinsi Nangroe Aceh Darussalam dihebohkan dengan penampakan mahluk mitos kerdil yang disebut Suku Mante. Penampakan Suku Mante muncul Para pengendara sepeda motor yang melakukan kegiatan off road di jalan setapak.

Suku mante atau Bante hingga saat ini masih menjadi misteri para peneliti dan masyarakat aceh dalam menelurusi keberadaannya sebagai nenek monyang bangsa Aceh, Suku Mante memiliki ciri-ciri bertubuh kecil dengan tinggi maksimal 140 cm dan berkulit coklat serta berambut keriting, hidup dipegunungan dan berkembang layaknya manusia biasa.

Seperti dilansir dari Liveleak, dalam sebuah rekaman yang diunggah ke Youtube, mahluk mitos ini kepergok berlari di jalan setapak yang dilalui oleh sekelompok pengendara sepeda motor.

Para bikers terkejut melihat pria botak bertubuh mungil melompat keluar balik pepohonan. Rekaman itu menunjukkan salah satu pengendara sepeda motor terjatuh lantaran terkejut atas munculnya sosok tak dikenal tersebut.

Salah satu pengendara sepeda motor terus melarikan motornya untuk mengejar mahluk misterius, yang menghilang ke semak-semak di pinggir jalan. Klub motor tersebut berhenti di tempat di mana mahluk mungil itu dan kemudian mencarinya di semak-semak. Rumput begitu tinggi sehingga mereka tidak bisa lagi melihat mahluk asing yang masuk ke semak-semak.

Suku Mante yang selama ini menjadi mitos di Aceh, Banyak yang berpendapat bahwa suku mante benar-benar ada, termasuk Christiaan Snouck Hurgronje (seorang peneliti belanda yang bertugas mempelajari Aceh secara keseluruhan: dalam bukunya De Atjehers juga menyinggung adanya suku tersebut. Tapi ia pun tak pernah bertemu langsung. Dia hanya mengutip orang yang katanya pernah melihatnya.

Satu-satunya catatan tentang keberadaan suku tersebut pada abad ke-17, ketika itu diklaim dua suku Mante ditangkap dan dipertemukan dengan sultan Aceh. Namun sebagian orang mengira orang-orang dari suku Mante hanya legenda.

Tahun 2003, arkeolog menemukan bukti adanya ras kuno seperti hobbit manusia mungil di pulau Flores, di Nusa Tenggara Timur. Tinggi homo floresiensis sebutan mahluk hobbit diyakini hanya satu meter dan tinggal di Flores sekitar 50.000 tahun yang lalu.

Sementara beberapa ilmuwan meyakini spesies tersebut benar-benar terpisah dari manusia modern, yang lain berpendapat Homo floresiensis hanya memiliki masalah pertumbuhan.

Sejak dirilis pada 22 Maret, video tentang Suku Mante di Aceh ditonton lebih dari 6 juta kali.

(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8797 seconds (0.1#10.140)