Kisah Kerajaan Kalingga, Pecahan Tarumanegara Cikal Bakal Munculnya Mataram Kuno

Selasa, 05 September 2023 - 06:21 WIB
loading...
Kisah Kerajaan Kalingga, Pecahan Tarumanegara Cikal Bakal Munculnya Mataram Kuno
Candi Bubrah, salah satu peninggalan dan bukti Kerajaan Kalingga di Pulau Jawa. Foto/Istimewa/IG happyfotoscape
A A A
Kerajaan Kalingga di Pulau Jawa bagian tengah memiliki keterkaitan dengan dua kerajaan di Jawa bagian barat. Dua kerajaan itu merupakan pecahan kerajaan tertua di Pulau Jawa yakni Kerajaan Tarumanegara.

Kala itu sang raja Sanjaya merupakan keturunan dari Ratu Shima yang berkuasa di Kalingga.Sedangkan sang ayah bernama Bratasena, merupakan raja Kerajaan Galuh ketiga yang merupakan teman dekat Tarusbawa.

Sosok Bratasena sendiri memiliki hubungan dengan Kerajaan Galuh, karena cucu resmi Wretikandayun berasal dari putra bungsunya bernama Mandiminyak.



Mandiminyak konon merupakan Raja Galuh kedua yang memimpin selama 7 tahun yakni pada 702 M hingga 709 M.

Saat Bratasena memimpin Kerajaan Galuh, pada tahun 716 M terdapat perseteruan di dalam kerajaan. Bratasena dikudeta sendiri oleh Purbasora. Padahal Purbasora adalah saudara satu ibu yang memiliki ayah berbeda dari Bratasena.

Pada akhirnya Bratasena menyelamatkan diri ke Sundapura dan meminta pertolongan kepada Tarusbawa, sebagaimana dikutip dari “Hitam Putih Pajajaran: Dari Kejayaan Hingga Keruntuhan Kerajaan Pajajaran” dari tulisan Fery Taufiq El Jaquene.

Sanjaya dibantu oleh Tarusbawa menyerang Kerajaan Galuh, dipimpin oleh Purbasora. Pada akhirnya Galuh mengalami kekalahan dan Sanjaya mampu menjadi penguasa Kerajaan Sunda, Kerajaan Galuh, dan Kerajaan Kalingga, setelah Ratu Shima meninggal dunia.



Sebagai ahli waris Kerajaan Kalingga secara resmi, Sanjaya menjadi penguasa Kalingga bagian utara yang disebut Bumi Mataram, yang akhirnya dikenal sebagai Kerajaan Mataram Kuno, pada tahun 732 M.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0993 seconds (0.1#10.140)