Temuan Baru, Obat Penumbuh Gigi Manusia Siap Diluncurkan

Kamis, 07 September 2023 - 06:34 WIB
loading...
Temuan Baru, Obat Penumbuh Gigi Manusia Siap Diluncurkan
Ilmuwan tengah meneliti obat penumbuh gigi manusia. (Foto: Deposit Photo)
A A A
JAKARTA - Masalah gigi tanggal ke depan tidak akan menjadi momok lantaran ada solusinya. Tak sekadar gigi palsu atau implan, namun hasil riset terbaru memungkinkan tumbuhnya kembali gigi secara alami pada manusia meski sudah dewasa.

Idenya sederhana, sejatinya menusia memiliki set gigi ketiga. Tinggal mencari cara agar gigi set ketiga ini kembali tumbuh.

Selain set gigi ketiga , penelitian ini juga berpusat pada hiu yang memiliki kemampuan menumbuhkan kembali gigi.

Sekelompok peneliti Jepang menindaklanjuti studi tahun 2021 (diterbitkan di Scientific Reports) yang menunjukkan bagaimana obat yang menargetkan protein yang disintesis gen USAG-1 dapat berdampak pada jumlah gigi yang tumbuh pada hewan. Tim tersebut kini mengalihkan fokus ke manusia. Mereka akan mengumumkan uji klinis obat tersebut pada 2024 dan berharap obat siap digunakan pada 2030.



“Ide menumbuhkan gigi baru adalah dambaan setiap dokter gigi. Saya telah mengerjakan ini sejak saya masih mahasiswa pascasarjana. Saya yakin saya bisa mewujudkannya,” kata Katsu Takahashi, peneliti utama dan kepala departemen kedokteran gigi dan bedah mulut di Medical Research Institute Rumah Sakit Kitano di Osaka, kepada Mainichi.

“Kami berharap untuk melihat suatu masa ketika obat pertumbuhan kembali gigi menjadi pilihan ketiga selain gigi palsu dan implan.”

Takahashi telah menghabiskan waktu bertahun-tahun meneliti potensi pertumbuhan kembali gigi manusia. Dia berfokus pada peran gen dalam pertumbuhan gigi.

“Jumlah gigi bervariasi karena mutasi satu gen saja. Jika kita menjadikan hal tersebut sebagai target penelitian, seharusnya ada cara untuk mengubah jumlah gigi (yang dimiliki seseorang),” ujarnya.

Para peneliti menemukan protein USAG-1 dapat membatasi pertumbuhan gigi pada tikus, sehingga memastikan protein tersebut tidak terbentuk. Tim mengembangkan obat untuk memblokir protein dan berhasil membuat tikus menumbuhkan gigi baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1301 seconds (0.1#10.140)