7 Fakta Unik Probolinggo, Punya Julukan Kota Mangga

Kamis, 07 September 2023 - 11:28 WIB
loading...
7 Fakta Unik Probolinggo, Punya Julukan Kota Mangga
Probolinggo memiliki julukan sebagai Kota Mangga. Foto/Dok. Pemkot Probolinggo
A A A
JAKARTA - Probolinggo merupakan kota yang terletak di ujung timur Pulau Jawa, Indonesia. Kota ini memiliki sejarah, budaya, keindahan alam, dan keunikan tersendiri.

Meskipun tidak sepopuler beberapa kota lainnya di Jawa Timur , Probolinggo memiliki sejumlah fakta unik. Kota ini juga bisa menjadi tujuan wisata yang menarik.

Berikut beberapa fakta unik tentang kota Probolinggo.

Fakta Unik Kota Probolinggo


1. Gerbang Menuju Gunung Bromo


Salah satu daya tarik utama Probolinggo adalah letaknya yang dekat dengan Gunung Bromo, salah satu gunung berapi yang paling terkenal di Indonesia.



Kota ini sering dianggap sebagai gerbang menuju Gunung Bromo karena letaknya yang strategis. Ketika berkunjung ke Probolinggo, Anda bisa menjelajahi keindahan Gunung Bromo dan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang menakjubkan.

2. Dijuluki Kota Mangga


Selama ini Kota Mangga identik dengan Indramayu. Ternyata, Kota Mangga yang sebenarnya adalah Probolinggo. Pasalnya berbagai jenis mangga yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia datang dari Probolinggo.

Mulai dari mangga harumanis, mangga manalagi hingga mangga golek sangat banyak dijumpai di kota ini. Ternyata, sumber dari ketiga mangga tersebut adalah Probolinggo, Jawa Timur.

Oleh karena itu, sepertinya lebih sesuai jika Probolinggo disebut sebagai "Kota Mangga" karena varietas unggulan ini berasal dari sana.

3. Suku Tengger di Probolinggo


Suku Tengger adalah suku asli yang tinggal di sekitar Gunung Bromo dan memiliki keyakinan Hindu lama. Mereka menganggap Gunung Bromo sebagai gunung suci dan melakukan upacara Yadnya Kasada setiap tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1021 seconds (0.1#10.140)