Dialog dengan Petani Kacang Koro Minahasa Utara, Ini Harapan Kementan

Jum'at, 08 September 2023 - 08:42 WIB
loading...
Dialog dengan Petani Kacang Koro Minahasa Utara, Ini Harapan Kementan
Irjen Kementan Jan S Maringka dialog bersama petani kacang koro di Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Foto/MPI/Subhan Sabu
A A A
MINAHASA UTARA - Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertanian (Kementan) Jan S Maringka bersama warga dialog Jaga Pangan, dengan tema pengembangan potensi Kacang Koro mendukung ketahanan Pangan, di Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Dari dialog dengan petani tersebut, Jan S Maringka berharap tanaman kacang koro bisa menjadi subtitusi dari kedelai yang tentunya menjadi makanan alternatif.



”Kita harapkan ini bisa dibudidayakan bukan hanya untuk Minahasa tetapi seluruh Sulawesi sudah dilakukan pengembangannya. kita berharap ini menjadi bibit alternatif yang akan dikembangkan di seluruh Indonesia dari Minahasa untuk Indonesia,” kata Jan S Maringka.

Dari Kementan, kata dia, secara bertahap sudah mulai melakukan penggalangan dengan kebun-kebun memperkenalkan kacang koro kepada petani-petani agar mereka tidak alergi lagi dengan tanaman tersebut.



”Tanaman kacang koro ini bisa menjadi tanaman sela di antara kebun kelapa kita. Diharapkan ini bisa menjadi makanan alternatif untuk stunting kemudian juga mengganti makanan dari bahan baku kedelai untuk pembuatan tempe dan tahu kita,” ujarnya.

Jan S Maringka berharap dengan kekuatan Indonesia sendiri seperti kacang koro yang dihasilkan di Indonesia bisa bermanfaat untuk Indonesia. “Mungkin ke depan kalau seluruh Indonesia sudah menghasilkan sejenis ini, pangan ini bisa menjadi andalan,” tegasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0838 seconds (0.1#10.140)