NASA Siap Danai 22 Proyek Luar Angkasa

Selasa, 11 April 2017 - 20:03 WIB
NASA Siap Danai 22 Proyek Luar Angkasa
NASA Siap Danai 22 Proyek Luar Angkasa
A A A
NEW YORK - Lembaga penelitian luar angkasa Amerika Serikat (AS) NASA siap mendanai 22 proyek luar angkasa tahun ini. Proyek tersebut merupakan bagian dari program NASA Innovative Advanced Concepts.

Dilansir dari situs resmi NASA, Selasa (11/4/2017), agar bisa menerima pendanaan, tim penggagas diwajibkan bisa melewati dua tahap. Tim yang terdiri dari astronom dan ilmuwan ini diberikan waktu untuk meninjau ulang proyek dan aspek agar skemanya bisa dapat diterapkan.

Untuk tahap pertama, tema proyek yang digagas berkutat dari inovasi untuk teknologi eksplorasi luar angkasa. Tim penggagas proyek akan diberi dana sebesar USD125.000 (sekitar Rp1,6 miliar) untuk mengembangkan proyeknya selama 9 bulan.

Sejumlah proyek yang ditawarkan, antara lain menciptakan teknologi perjalanan antar ruang “Interstellar Precursor Mission”. Proyek ini akan berfokus pada pembangunan orbit 100 megawatt yang ditopang laser berdiameter 6 mil (10 kilometer) untuk bisa menghasilkan energi listrik. Energi tersebut diyakini bisa menjadi bahan bakar untuk perjalanan jauh pesawat luar angkasa.

Setelah diseleksi, tim terpilih yang lolos akan mengikuti tahap kedua dan menerima dana sebesar USD500.000 (sekitar Rp6,6 miliar) untuk mengembangkan proyek yang ditawarkan selama dua tahun.

Proyek di tahap kedua dipilih berdasarkan kelayakan dan kemampuan tim. Proyek yang dihadirkan di antaranya Venus Interior Probe. Proyek ini akan menciptakan pesawat eksplorasi Planet Venus yang bertugas mengumpulkan data, seperti temperatur, kecepatan angin, dan tekanan atmosfer.

Ada juga proyek lain bernama Direct Fusion Drive (DFD) untuk menciptakan pesawat eksplorasi yang dapat terbang ke Pluto hanya dalam waktu lima tahun.

22 proyek ini disebutkan masih dalam tahap awal. NASA pun masih meninjau ulang kelayakan dari masing-masing proyek.

Butuh waktu setidaknya 10 tahun atau lebih agar proyek tersebut bisa terwujud dan membantu keberlangsungan misi antariksa yang dilakukan NASA.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1338 seconds (0.1#10.140)