XL dan Ericsson Jajal Kemampuan Teknologi 5G

Rabu, 12 April 2017 - 15:32 WIB
XL dan Ericsson Jajal Kemampuan Teknologi 5G
XL dan Ericsson Jajal Kemampuan Teknologi 5G
A A A
JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL) bekerja sama dengan Ericsson Indonesia melakukan ujicoba teknologi 5G di luar ruangan (outdoor). Hal ini sebagai langkah XL untuk mempersiapkan adopsi terhadap tren teknologi terbaru.

Kedua pihak sepakat bahwa uji coba ini merupakan bagian dari upaya mempelajari lebih dalam mengenai seluk-beluk teknologi 5G yang dipersiapkan untuk masa depan.

"Ujicoba outdoor kami lakukan secara langsung mengetahui apa saja keunggulan teknologi 5G, sekaligus juga untuk menegaskan konsistensi XL dalam mempersiapkan adopsi terhadap tren teknologi terbaru di masa depan," ujar Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini di Grha XL, Jakarta, Rabu (12/4/2017).

"Sebagaimana diperkirakan, teknologi 5G akan mulai bisa diimplementasikan secara global dalam beberapa tahun ke depan. Sebab, saat ini pertumbuhan pelanggan layanan 4G tumbuh lebih cepat di luar prediksi kita semua," jelasnya.

Dia menuturkan walaupuan 4G baru tahun kedua tapi XL sudah melakukan persiapan untuk 5G. Sebab lebih baik dipersiapkan lebih awal daripada penerapannya telat seperti saat 4G.

Sementara itu, Presiden Direktur Ericsson Indonesia dan Timor Leste, Thomas Jul mengungkapkan, menampilkan demo 5G bersama dengan XL Axiata menunjukkan teknologi terus bergerak ke generasi berikutnya. Tetapi hal ini juga menunjukkan kesiapan jaringan yang ada untuk mendukung 5G dan ekosistem untuk membangun Internet of Things (IoT).

Uji coba dilaksanakan di halaman luar Grha XL, yang bertujuan mendalami aspek teknis teknologi 5G, meliputi pemasangan antena radio, BTS serta uji coba teknis. Untuk perangkat baseband di jaringan XL Axiata.

Mekanisme ujicoba yang dilakukan adalah dengan menempatkan perangkat radio 5G. Uji coba dilakukan untuk mendemonstrasikan keandalan teknologi dalam tingkat kecepatan yang jauh melebihi 4G dan tingkat latency yang sangat rendah.

Dari hasil uji coba rata-rata kecepatan teknologi 5G XL mencapai 5.84 - 5.34 Gbps.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9484 seconds (0.1#10.140)