Keunggulan Teknologi 5G Dibanding 4G

Rabu, 12 April 2017 - 18:34 WIB
Keunggulan Teknologi 5G Dibanding 4G
Keunggulan Teknologi 5G Dibanding 4G
A A A
JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL) bersama Ericsson Indonesia telah melakukan ujicoba teknologi 5G di luar ruangan (outdoor). Lalu apa keunggulan teknologi 5G bila dibandingkan dengan 4G yang saat ini sedang berkembang di Indonesia?

Direktur Chief Service Management Officer XL, Yessie D Yosetya mengungkapkan ada beberapa hal yang menjadi keunggulan teknologi 5G.

"Teknologi 5G mampu menghadirkan kecepatan koneksi hingga 20 Gbps. Selain itu, teknologi ini juga memiliki latency yang sangat rendah," ujarnya, saat memaparkan keunggulan teknologi 5G di Grha XL, Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Menurut Yessie, teknologi 5G juga mampu menyediakan koneksi simultan hingga lebih 2.000 pengguna aktif. Selanjutnya, teknologi jaringan tercanggih ini unggul pada sisi penghematan tenaga, bahkan hingga 1.000 kali lebih efisien dibandingkan dengan teknologi perangkat yang ada saat ini.

Untuk mengembangkan 3G, operator telekomunikasi yang identik dengan warna biru ini telah melakukan berbagai persiapan. XL sudah menerapkan berbagai penerapan sejumlah teknologi untuk mengoptimalkan pemanfaatan spektrum mulai dari Carrier Aggregation(CA), License Assisted Access (LAA), dan kini Modulasi LTE 256 QAM.

Selain itu, XL juga sudah mulai menerapkan teknologi 4.5G 4x4 MIMO, melakukan konvergensi jaringan dan IT dengan menerapkan teknologi Network Functions Virtualization (NFV).

XL pun melakukan perluasan jaringan back bone fiber optik yang menjangkau berbagai wilayah di Indonesia. Untuk Ekosistem, XL terus mendorong pemanfaatan akses Internet Wireless to The Home kepada masyarakat, melalui layanan XL Go dan XL Home.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2805 seconds (0.1#10.140)