alexametrics

Inggris Kembangkan Implan Logam 3D untuk Gantikan Tulang Rusak

loading...
Inggris Kembangkan Implan Logam 3D untuk Gantikan Tulang Rusak
Foto/dok
PUSAT Kesehatan Nasional Inggris atau dikenal dengan sebutan NHS telah mengembangkan implan logam baru untuk pengganti tulang kering yang telah rusak. Implan logam dicetak secara 3D menyesuaikan bentuk tulang pasien.

Menderita patah tulang tentu membuat sebagian besar orang merasa bahwa dirinya tidak akan dapat beraktifitas dengan bebas seperti sebelumnya. Apalagi jika kerusakan tulang sangat serius dan mengharuskannya untuk dilakukan amputasi maka gairah hidup seseorang tidak akan seperti dulu lagi.



Melihat pengalaman beberapa orang yang kehilangan sebagian anggota tubuhnya akibat kerusakan tulang, NHS memiliki cara untuk mengembalikan kondisi tulang yang patah atau hancur. Tim medis di NHS membuat implan logam cetakan 3D yang disesuikan dengan bentuk tulang pasien.

Berbentuk seperti sangkar burung, implan logam akan menggantikan tulang rusak. Ini juga akan mendorong sel-sel tulang baru untuk melebur didalamnya. (Baca: NASA Luncurkan Mars Rover, Pencarian Mahluk Luar Angkasa Dimulai)



Metode ini memiliki perbedaan dengan upaya terakhir yang dilakukan untuk menyelamatkan tulang remuk di kaki bagian bawah. Jika cara sebelumnya menggunakan penyangga yang melekat pada bagian luar kaki melalui lubang kulit, maka implan logam baru ini bekerja secara internal.
halaman ke-1 dari 4
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
KOMENTAR ANDA
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak