Rasakan Sensasi Daihatsu New Ayla Jelajah Kota Kembang

Rabu, 19 April 2017 - 06:11 WIB
Rasakan Sensasi Daihatsu New Ayla Jelajah Kota Kembang
Rasakan Sensasi Daihatsu New Ayla Jelajah Kota Kembang
A A A
BANDUNG - PT Astra Daihatsu Motor (ADM), belum lama ini meluncurkan New Astra Daihatsu Ayla sebagai produk teranyarnya. Untuk menjajal ketangguhannya, ADM mengajak awak media untuk menjajal New Ayla menjelajah kota Bandung, Jawa Barat.

Tiba di kota kembang, kelompok dibagi menjadi 10 kelompok sesuai jumlah mobil yang tersedia dan terbagi dalam empat orang di setiap mobilnya.

Pada kesempatan ini, Daihatsu menyediakan New Ayla berbekal mesin 1.200 cc dengan transmisi automatic. Dimana model ini merupakan model terbaru yang sebelumnya tidak tersedia.

Dari sisi eksterior, New Ayla versi teranyar terlihat begitu stylish berkat penambahan beberapa fitur yang diterima. Beberapa tambahan diantaranya seperti projector headlamp, LED DRL, Polished alloy Wheel dan LED rear combi lamp.

Meski memiliki body berukuran mini, bagian kabin New Ayla tergolong lega. Terbukti, meski diisi oleh empat orang, posisi duduk antara bangku baris depan tidak saling mengganggu.

Perjalanan pun dilakukan dengan tujuan utama Glamping Lakeside di daerah Ciwidey. Untuk menuju ketempat tujuan, rombongan harus melewati padatnya kota kembang.

Sebagai ibu kota priovinsi Jawa Barat, lalu lintas kota Bandung memang terbilang cukup padat. Namun hal ini tidak menjadi halangan berarti New Ayla, desain yang ramping membuat mobil ini dapat dengan mudah membelah padatnya lalu lintas.

Terlebih fitur infotaiment yang terdapat didalam Alya pun sudah sangat mendukung untuk mendengarkan musik-musik favorit. Dengan penyematan layar sentuh 5 inchi, musik dapat terkoneksi melalu bluetooth ataupun USB.

Namun ujian sesungguhnya baru didapat ketika memasuki kabupaten Bandung. Jalan yang dilalui mulai terjal, berliku, dan sempit.

Saat melintasi tanjakan, layaknya mobil bertransmisi matic mobil terasa sedikit ngempos. Meski begitu respon yang dihantarkan tidaklah terlalu lama. Mobil tetap bisa melibas tanjakan dengan bertenaga dengan posisi perseneling D4.

Sedangkan untuk menyiasati tanjakan yang lebih curam. Perseneling bisa dihantarkan pada posisi 3 atau 2. Hasilnya mobil pun lebih responsif saat melewati tanjakan.

Sepanjang jalan menuju Ciwidey pun bisa dibilang tidak begitu mulus. Pasalnya tekstur jalan cenderung tidak rata dan kerap kali disertai jalan berlubang.

Disini terasa suspensi dari Ayla agak sedikit keras. Meski begitu secara keseluruhan penumpang yang berada didalam kabin tidak begitu terganggu, terlebih Ayla saat lebih kedap terhadap bising.

Untuk urusan bahan bakar, New Ayla dengan transmisi Automatic dirasa agak boros telebih dengan gaya mengemudi untuk melibas tanjakan ataupun saat melaju di jalan tol.

Perbandingan bahan bakar New Ayla 1:15 per 1 liter BBM. Secara keseluruhan New Ayla dengan mesin 1.200cc terasa lebih tangguh untuk melibas segala medan.

Meskipun berjenis city car, nampaknya New Ayla cukup tangguh untuk diajak berkendara ke luar kota. Untuk urusan harga model teranyar dari Daihatsu ini dibanderol mulai Rp 125 - 146 juta.

Ayla Mesin 1.2 L

1. Tipe R Deluxe Rp 136.250.000 (MT), Rp 146.250.000 (AT)
2. Tipe R Rp 132.250.000 (MT), Rp 142.250.000 (AT)
3. Tipe X Rp 125.250.000 (MT), Rp 135.250.000 (AT)
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.8162 seconds (0.1#10.140)