alexa snippet

Tips Aman Hindari Serangan Siber Melalui Aplikasi

Tips Aman Hindari Serangan Siber Melalui Aplikasi
Ilustrasi Hacker/ Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Kejahatan siber masih menjadi salah satu momok menakutkan bagi para pengguna perangkat elektronik. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan, tren serangan siber saat ini mulai megarah pada perangkat smartphone.

Hal ini seiring dengan pesatnya pertumbuhan smartphone di dunia saat ini. Dimana saat ini, pengguna smartphone cenderung menafaatkan perangkatnya untuk mengakses segala hal.   

Dalam hal ini, aplikasi ternyata kerap dimanfaatkan para penjahat siber untuk mencuri data dari perangkat smartphone. Untuk menghindari hal tersebut, berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menghindari serangan siber berdasarkan penelitian Kaspesky Lab.

1. Memperbarui aplikasi,  sangat penting bagi pengguna untuk memperbarui aplikasi secepat mungkin jika versi terbaru sudah dirilis karena mungkin saja dalam pembaruan terdapat patch keamanan yang mampu mencegah atau mengurangi kerentanan dalam aplikasi

2. Membersihkan aplikasi, pengelolaan aplikasi smartphone secara tidak benar juga merupakan ancaman keamanan karena aplikasi sering mengirimkan data bahkan ketika mereka tidak sedang digunakan.

3. Ubah pengaturan aplikasi, hal ini memungkinkan pengguna untuk mengatur bagaimana aplikasi berinteraksi dengan perangkat. Sebagai contoh, aplikasi bisa mendapatkan akses ke data-data sensitif milik pengguna, melacak lokasi pengguna dan berbagi data milik pengguna dengan server pihak ketiga. Kegagalan dalam mengelola pengaturan ini dapat berakibat aplikasi yang tidak terpakai mendapatkan akses ke data-data pada perangkat tanpa pengguna sadari.

4. Gunakan perangkat lunak khusus, menginstal perangkat lunak khusus yang dapat membantu pengguna untuk membedakan aplikasi yang berperilaku mencurigakan dari yang tidak digunakan, serta aplikasi mana yang perlu diperbarui.

Demikian beberapa langkah yang dapat dicoba, selamat mencoba.



(wbs)
loading gif
Top