4 Tips Maksimalkan Foto Kamera Depan untuk Vivo Perfect Selfie Hunt

Rabu, 19 April 2017 - 14:38 WIB
4 Tips Maksimalkan Foto Kamera Depan untuk Vivo Perfect Selfie Hunt
4 Tips Maksimalkan Foto Kamera Depan untuk Vivo Perfect Selfie Hunt
A A A
JAKARTA - Tanggal 21 April setiap tahunnya diperingati masyarakat Indonesia sebagai Hari Kartini. Tahun ini, ikut berpartisipasi dalam perayaan Hari Kartini, Vivo Smartphone berinisiatif mengadakan kompetisi bertajuk "Perfect Selfie Hunt" yang ditujukan kepada para generasi urban millenial penggemar mobile fotografi. Kompetisi ini sudah dimulai sejak 3 April sampai 18 April 2017.

Dalam keterangan tertulisnya, Keunikan pada kompetisi Perfect Selfie Hunt adalah bagaimana para peserta dapat mengambil sebuah foto sempurna. Jika pada umumnya kompetisi foto dengan smartphone menggunakan kamera belakang, Vivo memberikan tantangan untuk hanya menggunakan kamera depan untuk mengambil gambar. Tentunya karena menjelang hari Kartini, Vivo mensyaratkan tema foto yang dikumpulkan bercerita tentang semangat seorang Kartini.

Bagi anda yang berminat untuk menjadi bagian dari kompetisi Perfect Selfie Hunt oleh Vivo Smartphone, perlu tahu bagaimana memanfaatkan kamera depan smartphone Vivo V5Plus dengan maksimal. Dikutip dari Telegraph.com, Nicky Kelvin, Fotografer dan Traveler untuk National Geographic berbagi tips menggunakan kamera depan yang menarik untuk dicatat.

Maksimalkan Pecahayaan.

Pencahayaan yang sempurna menjadi faktor kunci dalam menggunakan kamera selfie. Untuk sumber cahaya, dianjurkan untuk memanfaatkan cahaya alami matahari sebagai sumber pencahayaan utama foto. Membelakangi cahaya akan membayangi objek foto dan mengurangi estetika yang ingin dicapai, perhatikan area cahaya masuk seperti jendela dan lubang angin untuk mencegah adanya pecahayaan yang terlalu minim atau berlebihan.

Jangan Ragu Menggunakan Fitur Kamera.

Untuk setiap smartphone khususnya kamera depan, banyak dibenamkan fitur-fitur inovatif yang sangat bermanfaat untuk memaksimalkan kualitas foto. Fitur HDR atau High Dynamic Range yang juga terdapat pada Vivo V5Plus adalah salah satu fitur menarik untuk hasil foto kamera depan yang lebih baik.
HDR menggabungkan beberapa foto dalam satu frame dengan tingkat eksposure yang berbeda-beda untuk menciptakan kualitas foto yang jauh lebih tajam dan dinamis. Fitur ini akan sangat bermanfaat ketika ingin memaksimalkan komposisi cahaya dan bayangan dalam foto.Kamera depan Vivo V5Plus juga didukung dengan Softlight Technology yang membuat hasil foto tetap jelas bahkan ketika foto diambil di malamhari atau kondisi cahaya minim.

Perhatikan Komposisi Foto

Komposisi dalam foto bukan hanya untuk menambah estetika, tapi juga membantu dalam membentuk makna dari foto yang diambil. Komposisi erat kaitannya dengan bagaimana memanfaatkan komponen dalam foto sehingga mata dapat langsung menangkap apa objek utama dari foto tersebut. Ketika menggunakan kamera depan, perhatikan komponen seperti simetri, warna, garis, dan objek-objek pendukung. Nicky Kelvin juga memberikan trik rule of third atau aturan sepertiga untuk membuat komposisi objek utama dalam foto terlihat menonjol. Trik rule of third yaitu memosisikan objek utama di sepertiga bagian dalam frame foto agar lebih enak dilihat.

Manfaatkan After-Editing dan Mulai Bereksperimen

Keunggulan dari jenis fotografi digital, termasuk mobile photography adalah kemampuan untuk mengambi gambar dengan sangat cepat dan tanpa batasan. Keunggulan ini memberikan kesempatan yang baik untuk banyak bereksperimen dalam mengambil foto serta mengeksplorasi bagaimana angle, komposisi, bahkan konsep foto yang akan diambil. Ketika mengambil foto dengan kamera depan, jangan langsung menghapus foto ketika merasa kurang sesuai.

Maksimalkan fungsi after-editing untuk membuat hasil foto yang terpilih lebih maksimal, serta memperbaiki hasil foto yang kurang. Vivo V5Plus memiliki fitur bokeh yang dapat digunakan ketika mengambil foto, namun dapat diedit kembali melalui shot refocus untuk mengatur komposisi blur serta membatalkan penggunaannya.

Dengan beberapa tips diatas, anda dapat memaksimalkan fotografi kamera depan untuk hasil gambar yang sempurna serta siap berkompetisi dalam Perfect Selfie Hunt. Jangan lewatkan kesempatan untuk memenangkan hadiah utama 3 unit Vivo V5Plus dengan mengikuti kompetisi Perfect Selfie Hunt hingga 18 April 2017.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1531 seconds (0.1#10.140)