10 Negara dengan Biaya Kuliah Murah, Cocok untuk Kantong Pas-pasan

Rabu, 13 September 2023 - 10:06 WIB
loading...
10 Negara dengan Biaya Kuliah Murah, Cocok untuk Kantong Pas-pasan
Pintu gerbang Universitas Nasional Taiwan di Kota Taipe. Taiwan menjadi salah satu negara dengan biaya kuliah untuk siswa internasional murah dibanding negera-negara lain. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar negara dengan biaya kuliah murah di dunia. Melanjutkan studi ke luar negeri menjadi cita-cita banyak orang di Indonesia. Bukan mengecilkan kualitas pendidikan dalam negeri, namun masih tertanam di budaya kita bahwa lulusan luar negeri dinilai memiliki status sosial tinggi.

Hanya saja biasanya studi di luar negeri tidaklah murah. Salah satu solusinya adalah dengan pembiayaan melalui beasiswa. Selain beasiswa sebenarnya, ada banyak negara yang dikenal memiliki biaya kuliah di perguruan tinggi terjangkau alias murah. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 10 negara dengan biaya biaya pendidikan tinggi murah.

10 Negara dengan Biaya Kuliah Paling Murah

1. Norwegia


Meskipun hampir semua negara Nordik terkenal sebagai tujuan studi yang relatif terjangkau secara biaya, Norwegia secara khusus adalah pilihan terbaik. Kenapa? Soalnya biaya pendidikan untuk semua orang di sini adalah gratis!

Bukan hanya menawarkan universitas paling termurah, universitas negeri di Norwegia tak memungut biaya dengan pengecualian beberapa program studi tertentu. Alasan lain untuk belajar di Norwegia adalah ketersediaan program studi yang diajarkan bahasa Inggris di semua tingkat studi, ditambah sejumlah besar penduduk setempat yang mahir berbahasa Inggris. Sayangnya, Norwegia tidak menawarkan biaya hidup yang sangat murah. Kamu memerlukan sekitar USD17.200 per tahun untuk hidup di negara ini..

2. Taiwan


Taiwan adalah salah satu negara yang menawarkan biaya kuliah paling termurah. Contohnya aja di salah satu universitas terbaik mereka, National Taiwan University, biaya kuliah untuk sarjana mulai dari USD 3.300-4.000 per tahun. Talk about cheap, right?



Selain adanya opsi universitas dengan harga sangat murah, Taiwan juga merupakan tujuan populer untuk belajar bahasa Mandarin. Nggak hanya itu, Taiwan pun menawarkan kualitas hidup yang baik dengan biaya hidup paling murah. Anggaran untuk akomodasi di Taiwan hanya sebesar USD2.900 per tahun.

3. Jerman


Rata-rata biaya kuliah di Jerman bagi mahasiswa asing mencapai USD23.450 per tahunnya, masih sangat jauh lebih murah daripada biaya di Amerika Serikat atau negara Barat lainnya. Walaupun tidak bisa dibilang memiliki biaya universitas termurah, at least biaya hidup kamu nantinya bakal di bawah USD12.000 per tahun.

4. Prancis


Biaya kuliah di Prancis untuk mahasiswa internasional sekitar USD 200 untuk program sarjana, USD 285 untuk master, dan USD 445 untuk program doktoral. Please note that these fees are for public universities ya! Biaya akan jauh lebih tinggi di grandes Ă©coles dan grands Ă©tablissements yang sangat selektif, yang menetapkan biayanya sendiri.

5. Meksiko


Negara ini punya banyak opsi universitas paling ramah di kantong lho, dengan rata-rata biaya USD6.300 per tahun buat mahasiswa internasional yang menempuh studi S1. Terlebih lagi, Meksiko adalah negara dengan biaya hidup termurah bagi mahasiswa internasional. Diperkirakan kamu hanya perlu mengeluarkan USD9.250 per tahun buat biaya hidup di ibu kota.

6. India


India layak jadi salah satu tujuan kuliah di luar negeri yang murah, soalnya negara ini pun punya biaya hidup paling termurah.Contohnya biaya transportasi umum di India setara dengan 29 sen di AS. Sementara itu, biaya kuliah bervariasi tergantung pada tingkat studi dan universitas tujuanmu, tetapi biasanya nggak lebih tinggi dari USD7.880 setahun, dan kamu seharusnya bisa hidup nyaman hanya dengan merogoh kocek USD4.600 per tahun.


7. Argentina


Sebagai mahasiswa internasional, kamu dapat belajar secara gratis di universitas negeri yang didanai negara, atau membayar biaya kuliah sekitar USD5.100 per tahun atau lebih di institusi swasta. Selain kuliah yang ramah di kantong, untuk biaya hidup pun sangat murah kamu cuma perlu USD5.000 per tahun.

8. Polandia


Polandia jadi negara selanjutnya yang pas buat kamu yang mau kuliah di luar negeri secara terjangkau. Kalo mau masuk ke universitas yang menyampaikan pembelajaran dalam bahasa Inggris, kamu kira-kira akan butuh biaya USD2.340-3.500 per tahun. Biaya hidup yang sangat murah juga bisa kamu nikmati karena kamu nggak membutuhkan lebih dari USD7.700 per tahun.

9. Malaysia


Kamu diperkirakan perlu biaya rata-rata USD4.000 per tahun akademik untuk studi di perguruan tinggi Malaysia. Soal biaya hidup nggak perlu ditanya. Ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur, menempati urutan pertama dalam QS Best Student Cities 2016 sebagai kota pelajar termurah di dunia. Calon mahasiswa internasional bisa hemat banyak banget dengan hanya mengeluarkan sebesar USD3.550 per tahun buat hidup nyaman di Negeri Jiran.

10. Afrika Selatan


Secara rata-rata mahasiswa internasional akan membayar USD6.000 per tahun untuk gelar sarjana. Sementara kamu bakal membutuhkan sekitar USD 9.150 per tahun untuk menutupi biaya hidup.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3858 seconds (0.1#10.140)