Suzuki GSX150 Bandit Buatan Indonesia Kian Membesar di Asia

Sabtu, 01 Agustus 2020 - 20:00 WIB
loading...
Suzuki GSX150 Bandit Buatan Indonesia Kian Membesar di Asia
Di Indonesia, Suzuki GSX150 Bandit dijual seharga Rp26,9 juta, harga yang sangat kompetitif jika dibandingkan Yamaha MT-15. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pasar sepeda motor sports kelas 150cc saat ini sudah sesak. Sebut saja Yamaha yang memiliki MT-15 dan XSR-155, sedangkan Honda menawarkan CB150R. (Baca juga: Xiaomi Meluncurkan Ninebot C30, Skuter Listrik Ramah Lingkungan )

Model-model yang gesit dan ekonomis ini melayani pengendara di negara-negara Asia seperti India, Thailand, Filipina, dan Indonesia. Motor dianggap sesuai dengan daerah perkotaan yang padat.

Untuk tahun 2020, Suzuki membawa GSX150 Banditnya kembali ke pasar guna berkompetisi dengan para penguasa industri automotif asal Jepang lainnya.

Sebagai anggota terakhir dari keluarga Bandit keramat Suzuki, GSX150 telah menanggung beban kesuksesan merek sejak memasuki pasar pada 2018. Diproduksi di Indonesia untuk memenuhi pasar lokal, model berkapasitas kecil juga dikirim ke Thailand pada 2019. Sekarang, bayi Bandit juga akan bebas berkeliaran di Taiwan dan Jepang.

Didukung oleh 147cc cairan-cooled, mesin satu silinder yang dikawinkan dengan transmisi enam kecepatan, GSX150 menghasilkan 19,3 tenaga kuda dan torsi 10,3 lb-ft. Bandit memukul MT-15 di kedua kategori sambil memprioritaskan kenyamanan bagi pengendara dan penumpang.

Laman Rideapart menyatakan, Showa memberikan suspensi di kedua ujungnya dengan garpu konvensional di bagian depan dan belakang monoshock. Bersamaan penskorsan, ergonomi yang ramah komuter dan tempat duduk memberikan tingkat kepraktisan yang tinggi.

Satu cakram depan 290 mm tunggal dan cakram 187 mm di bagian belakang membantu membawa GSX150 berhenti dengan aman. Sementara banyak yang menganggap Bandit "bambino" sebagai pembelian murah, hal itu tidak menghentikan Suzuki untuk melengkapi motor kokoh itu dengan lampu LED dan lampu belakang bersama instrument cluster yang sepenuhnya digital.

Pengemudi harian juga akan datang dalam empat pilihan warna yang berbeda. Masing-masing skema cat titanium, merah, hitam, atau duo-nada. (Baca juga: Di Tengah Pandemi, Siswa Indonesia Raih 4 Medali di Olimpiade Kimia Internasional )

Di Indonesia, GSX150 Bandit dijual seharga Rp26,9 juta, harga yang sangat kompetitif jika dibandingkan Yamaha MT-15. Sayangnya, motor ini belum akan singgah ke India tahun ini. Tetapi kita tidak akan terkejut jika beberapa versi mesin DOHC Bandit berhasil sampai ke negara itu dalam waktu dekat.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2215 seconds (0.1#10.140)