Termakan Iklan, Konsumen Bawa Nyemplung iPhone XS Max ke Air Dalam

Sabtu, 01 Agustus 2020 - 22:23 WIB
loading...
Termakan Iklan, Konsumen Bawa Nyemplung iPhone XS Max ke Air Dalam
Konsumen iPhone XS Max dengan sengaja membawa handphone canggihnya itu kolam renang. Padahal, Anda harus tahu bahwa sebenarnya iPhone tidak tahan air. Foto/Ist
A A A
CUPERTINO - Jangan menelan iklan suatu produk mentah-mentah. Jika salah mengartikannya, bisa berakibat fatal pada perangkat gadget Anda. (Baca juga: Lima Kebiasaan Menggunakan Smartphone yang Harus Anda Hilangkan )

Hal ini terjadi pada konsumen iPhone XS Max yang dengan sengaja membawa handphone canggihnya itu berenang. Padahal, Anda harus tahu bahwa sebenarnya iPhone tidak tahan air. Apple pun tidak menjamin memberikan garansi jika iPhone tidak berfungsi dengan baik setelah "direndam" dalam air.

Baru-baru ini, pemilik akun Weibo mengunggah video yang menunjukkan iPhone XS Max rusak setelah berada di bawah air sedalam 10 cm selama 2 menit.

Pemilik iPhone XS mengatakan, handphone-nya dibeli pada Oktober 2018. "Ketika saya membeli telepon, ada iklan publisitas yang mengatakan bahwa itu (iPhone XS Max) memiliki nilai IP68 dan dapat ditempatkan di bawah air 2 meter selama 30 menit," katanya seperti dilansir dari laman Giz China.

Iklan itu selalu membuatnya berpikir bahwa iPhone dapat dengan mudah beroperasi di dalam air. "Saya mengambil bidikan 2 menit sederhana di air, dan kemudian telepon tiba-tiba menjadi panas, sangat, sangat panas, dan berhenti menyala. Toko perbaikan Apple mengatakan bahwa air masuk. Lalu motherboard mungkin telah terbakar. Pihak lain menyatakan biaya perbaikannya senilai Rp9,6 juta dan dikatakan juga handphone yang rusak karena air tidak dijamin dalam garansi," kata pemilik iPhone XS Max tersebut.

Toko ritel Apple mengatakan, dalam lingkungan eksperimental, air laut pasti dapat masuk, karena kepadatannya terlalu tinggi. Namun pengguna yakin Apple telah mengiklankan tentang fitur yang sebenarnya tidak dimiliki iPhone XS.

Layanan pelanggan Apple mengatakan perangkat Apple tidak direkomendasikan untuk digunakan dalam air. Mereka juga tidak menjamin cairan tidak akan masuk ke dalam tubuh iPhone.

Apakah iPhone Tahan Air?
Faktanya, situs web resmi Apple memiliki deskripsi yang jelas tentang ketahanan air iPhone. Efek kedap air dari iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max mencapai tingkat IP68 di bawah standar IEC 60529. Ini berarti mendukung kedalaman maksimum 4 meter dalam air selama maksimum 30 menit.

Efek kedap air iPhone 11 mencapai tingkat IP68 di bawah standar IEC 60529. Dengan demikian, mendukung kedalaman maksimum 2 meter dalam air hingga 30 menit. Efek kedap air dari iPhone XS dan iPhone XS Max mencapai tingkat IP68 di bawah standar IEC 60529 (kedalaman maksimum 2 meter dalam air hingga 30 menit).

Sedangakn iPhone SE generasi ke-2, iPhone XR, iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone 7, dan iPhone 7 Plus memiliki tingkat IP67 di bawah standar IEC 60529 (waktu tinggal terlama adalah 1 meter di bawah air selama 30 menit ).

IPhone SE -generasi ke-2, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR tahan terhadap cairan umum seperti soda, bir, kopi, teh, dan jus. Jika Anda terciprat, bilas area yang terkena dengan air, lalu bersihkan iPhone kering dan biarkan kering.

Jadi bukan dengan sengaja mengujinya dengan tekanan air tinggi, seperti di kolam renang.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1099 seconds (0.1#10.140)