Empat Langkah Mempercepat Performa Komputer

Sabtu, 29 April 2017 - 21:14 WIB
Empat Langkah Mempercepat Performa Komputer
Empat Langkah Mempercepat Performa Komputer
A A A
JAKARTA - Personal computer (PC) sampai saat ini masih menjadi perangkat yang cukup banyak digunakan. Namun sayangnya performa PC yang lemot tentu saja sangat menggangu ketika sedang digunakan.

Umumnya, penyebab komputer menjadi terasa lambat ketika digunakan tidak berkaitan dengan permasalah hardware. Melainkan, permasalahan sistem dan software yang dapat menurunkan performa komputer sehingga dapat membuat Anda stres karena menunggu terlalu lama.

Untuk mengatasinya, berikut 4 tips yang dapat membuat performa komputer menjadi lebih cepat berdasarkan keterangan resmi Avast, Sabtu (29/4/2017). Jadi, apa yang sebenarnya memperlambat performa pada komputer yakni program.

Umpamakan komputer Anda sebagai mobil. Semakin banyak penumpang yang menambah beban pada mobil akan membuat mobil semakin lambat ketika berjalan apalagi mendaki. Di dalam dunia digital, semua program Anda seperti Office, iTunes atau Adobe Reader merupakan penumpang tersebut.

Poin selanjutnya driver usang. Driver merupakan file yang mengkonfigurasikan komponen hardware pada komputer seperti kartu grafis. Jika driver sudah usang atau bahkan tidak terinstal, Anda mungkin akan kehilangan setengah dari kecepatan normal.

Data pada harddisk yang berantakan atau cluttered disk juga menjadi penyebab komputer lamban. Harddisk Anda mungkin penuh atau memiliki data yang tidak menempati ruangan yang saling berdekatan dalam harddisk. Permasalahan ini sering disebut fragmentasi.

Terlalu panas atau overheating. Ini merupakan permasalahan pada hardware. Jika komputer atau laptop Anda terdapat banyak debu atau terletak di tempat yang panas bahkan terkena sinar matahari secara langsung, maka potensi untuk menimbulkan overheating hingga kerusakan dapat terjadi. Untuk mencegah hal tersebut, komputer Anda telah diprogram secara otomatis untuk memperlambat performa kecepatan ketika overheating terjadi sehingga pengalaman komputer Anda menjadi lambat.

Jadi, apa yang dapat Anda perbuat untuk mengatasinya? Pertama, hindari program yang membuat lambat. Perhatikan program yang tergolong berat sehingga membuat komputer menjadi lambat serta singkirkan program tersebut.

Kedua yakni perbarui driver usang. Seperti yang kita bahas sebelumnya, driver berperan penting dalam performa komputer. Driver yang paling berdampak terhadap performa adalah kartu grafis dan chipset. Kartu grafis merupakan komponen hardware yang menghasilkan tampilan yang Anda lihat di layar komputer dan chipset berperan untuk adanya komunikasi antara memory, harddisk dan prosesor.

Ketiga adalah melakukan defrag dan bersihkan komputer Anda. Proses seperti instalasi, uninstall, mengkopi dan memindahkan banyak data dapat membuat sususan data menjadi berantakan (cluttered).

Langkah keempat yakni membersihkan komputer Anda. Apakah kipas pada komputer atau laptop berputar sangat kencang sehingg dapat digunakan sebagai pengering rambut? Apakah perangkat Anda sangat panas sehingga dapat digunakan untuk memasak telur? Pastinya, Anda ingin memastikan sirkulasi udara berjalan lancar dan debu yang menumpuk di dalam. Buka casing dan gunakan semprotan udara untuk membersihkan debu yang dapat menutup saluran udara atau bahkan membuat kipas berhenti berputar.

Jika Anda telah mengikuti 4 langkah ini, Anda seharusnya sudah merasakan komputer yang berjalan lebih cepat dari sebelumnya. Namun, pemeliharaan secara rutin diperlukan untuk mempertahankan performa yang stabil.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9908 seconds (0.1#10.140)