Lintasarta Smart Campus E-Learning Mudahkan Pembelajaran Jarak Jauh

Sabtu, 01 Agustus 2020 - 23:57 WIB
loading...
Lintasarta Smart Campus E-Learning Mudahkan Pembelajaran Jarak Jauh
Lintasarta Smart Campus E-Learning sebagai salah satu solusi future campus yang dipaparkan dalam rangkaian webinar yang diselenggarakan Lintasarta. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Lintasarta meluncurkan solusi Electronic Learning bagi sivitas akademika agar dapat tetap melakukan proses belajar mengajar di era New Normal . Lintasarta Smart Campus E-Learning sebagai salah satu solusi future campus yang dipaparkan dalam rangkaian webinar yang diselenggarakan Lintasarta. (Baca juga: Lintasarta Bangun Power House HUB VSAT dan Perluas Network Operation Control )

“Dibutuhkan sebuah sistem yang terintegrasi agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar meski dari jarak jauh. Dengan demikian, kami memperkenalkan Lintasarta Smart Campus E-Learning untuk mendukung konsep future campus,” kata Arya Damar, Presiden Direktur Lintasarta di Jakarta.

Dengan menggabungkan teknologi E-Learning dan Lintasarta Cloud, Lintasarta Smart Campus E-Learning merupakan solusi yang dapat diandalkan oleh mahasiswa dan dosen perguruan tinggi dalam melakukan proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Lintasarta Smart Campus E-Learning juga sudah terintegrasi dengan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD). Dengan demikian, pengguna tidak perlu lagi memasukkan modul mata kuliah dan dapat diakses oleh seluruh anggota sivitas akademika selama 24/7 melalui web browser yang terhubung Internet.

Arya menjelaskan, media yang digunakan dalam Lintasarta Smart Campus E-Learning cukup beragam. Mulai dari teks, video, gambar hingga media pembelajaran lainnya. Solusi ini juga memungkinkan dosen dan mahasiswa untuk mengakses E-Library dan melaksanakan ujian secara daring.

“Lintasarta Smart Campus E-Learning yang terintegrasi dengan sistem Lintasarta Cloud akan mempermudah pengguna dalam menyimpan atau membagikan data ke sesama mahasiswa atau dosen. Sehingga tidak lagi memerlukan tempat atau medium penyimpanan data tambahan,” papar Arya.

Dijelaskannya, Lintasarta Cloud (Infrastructure as a Service/IaaS) dengan skema pembayaran pay only for what you use akan meliputi private atau public Cloud, backup, dan Disaster Recovery. Plus Data Center yang terletak di tiga lokasi berbeda.

Sedangkan bagi para dosen dan staf yang bekerja di rumah dan ingin mengakses jaringan internal kampus, akan lebih baik jika menggunakan VPN seperti Lintasarta Mobile Workforce VPN. Dengan demikian koneksi yang digunakan tetap aman dan meminimalisir serangan siber hingga bocornya data.

Selain itu, ungkap Arya, infrastruktur yang harus siap untuk menunjang konsep digital campus adalah jaringan internet yang kuat. “Jaringan Internet di kampus pun harus stabil dan kencang agar proses permintaan data dari luar area kampus dapat dilakukan dengan cepat,” tambahnya.

Lintasarta Internet Dedicated yang sudah dilengkapi teknologi Dynamic Routing Protocol BGP dan rasio koneksi bandwidth 1:1 bisa memastikan jaringan dalam keadaan terbaik pada waktu kapan pun. Sehingga dosen dan mahasiswa dapat mengakses jaringan kampus selama 24/7.

Tidak kalah pentingnya ialah kesiapan sistem back office dalam melayani kebutuhan seluruh anggota sivitas akademika. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Lintasarta memiliki solusi Lintasarta Enterprise Resource Planning yang dapat dimanfaatkan untuk mengurus segala proses back office mulai dari administrasi, keuangan, manajemen aset dan inventaris, hingga personalia. (Baca juga: Punya Labkesda PCR, Kapasitas Testing Covid-19 DKI Empat Kali Lipat dari Standar WHO )

Lintasarta senantiasa menghadirkan solusi-solusi ICT andal demi mewujudkan komitmen perusahaan dalam membantu Indonesia untuk semakin berkembang, khususnya pada masa-masa sulit seperti sekarang ini.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2421 seconds (0.1#10.140)