Landwind X7, Mobil Buatan China Terus Bikin Emosi Land Rover

Minggu, 30 April 2017 - 18:25 WIB
Landwind X7, Mobil Buatan China Terus Bikin Emosi  Land Rover
Landwind X7, Mobil Buatan China Terus Bikin Emosi Land Rover
A A A
BEIJING - Hadirnya Landwind X7 mobil keluaran pabrikan China Jiangling Motors,, yang sangat mirip dengan Land Rover Evoque, dinilai sangat menganggu perkembangan bisnis automotif di dunia

Tentu hal ini membuat gerah Land Rover, sebab diatas kertas sang peniru jelas lebih unggul dari yang ditiru. Pabrikan asal Inggris inipun terang-terangan menyatakan keberatan dengan sikap Landwind.

Menurut CEO Jaguar Land Rover (JLR), Ralf Speth di pameran otomotif Shanghai Autoshow minggu lalu, perusahaan UK milik Tata itu masih tidak berhasil mencegah Jiangling Motors, perusahaan emilik Landwind dari menjual model X7 tersebut.

Ralf mengatakan tidak ada kemajuan dalam usaha JLR untuk mencegah Landwind.

"Kami akan terus berjuang demi kebenaran, Desain merupakan kekayaan intelektual yang dimiliki oleh Jaguar Land Rover, dan jika Anda menyalin maka Anda melanggar peraturan internasional yang berlaku di seluruh dunia" ujar Ralf seperti dilansir Europe.autonews.

Ralph menegaskan, Land Rover segera menyampaikan keluhan kepada pejabat China. Meminta pemerintah China bertindak karena kasus pencurian kekayaan intelektual merupaan aib bagi integritas negara.

"Saya akan bicara dengan pejabat China. Saya tidak bisa membayangkan para pejabat China akan senang setiap tindakan yang merusak kredibilitas negara. Apa yang telah kita lihat saat ini adalah tidak benar," pungkasnya.

Sang peniru adalah Lanwind yang memboyong crossover kompak bernama X7. Mobil yang sebelumnya memakai kode E32 ini terlihat mencolok dengan desain yang identik dengan Range Rover Evoque.

Uniknya Range Rover juga turut memamerkan Evoque yang kini telah resmi diproduksi di negara Tirai Bambu tersebut. Persaingan semakin panas lantaran X7 dibanderol hanya sepertiga harga Evoque.

X7 dibanderol USD22 ribu atau sekitar Rp267 juta, sedangkan Evoque dibanderol USD63 ribu. Tidak berhenti pada perbedaan harga, X7 memiliki keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki Evoque.

Dengan harga tersebut, konsumen dapat memiliki desain Evouge dan jantung turbo 2.0-liter 4-silinder dari Mitsubishi. Tenaga dikawinkan transmisi manual 6-percepatan atau otomatik 8-percepatan.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2638 seconds (0.1#10.140)