Pembicaraan Microsoft dan ByteDance Bubar Gara-gara Donald Trump

Minggu, 02 Agustus 2020 - 13:03 WIB
loading...
Pembicaraan Microsoft dan ByteDance Bubar Gara-gara Donald Trump
Microsoft dan ByteDance terpaksa menunda pembicaraan untuk mendapatkan kejelasan dari Gedung Putih terkait rencana larangan operasional TikTok di AS. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Wall Street Journal melaporkan Microsoft dan ByteDance telah menunda pembicaraan ketika perusahaan berusaha untuk mendapatkan kejelasan dari Gedung Putih terkait rencana larangan operasional TikTok di AS. (Baca juga: Selain AS Lagi Bokek, Ini yang Bikin TikTok Kecilkan Langkah Trump )

Kedua perusahaan itu telah melakukan pembicaraan, sumber yang mengetahui perundingan mengatakan, dan komentar Trump tadi malam mengejutkan mereka. Sumber lain mengatakan, Gedung Putih terlibat dalam pembicaraan selama berminggu-minggu dan tujuannya adalah agar TikTok dimiliki oleh perusahaan Amerika.

Dalam sebuah pernyataan hari ini, seorang juru bicara Gedung Putih mengatakan, "Administrasi memiliki masalah keamanan nasional yang sangat serius terhadap TikTok. Kami terus mengevaluasi kebijakan masa depan."

Reuters melaporkan, pemilik aplikasi, ByteDance China, diduga menawarkan untuk melepaskan seluruh operasi TikTok AS. Dengan lebih dari 2 miliar pemasangan dari App Store Apple dan Google Play Store di seluruh dunia, aplikasi ini memungkinkan pembuat konten untuk menghasilkan video berdurasi 15 atau 30 detik. Konten khas termasuk tarian, lelucon komedi, dan protes.

Aplikasi ini telah membantu pra-remaja, remaja, dan bahkan orang dewasa menghabiskan waktu saat dipaksa masuk karena pandemi. TikTok memiliki sekitar 80 juta pengguna harian aktif di Amerika Serikat dan diperkirakan memiliki nilai lebih dari Rp700 triliun.

ByteDance awalnya berharap menjaga sebagian saham dari TikTok. Namun, AS menganggap banyak perusahaan China seperti Huawei dan ZTE sebagai ancaman keamanan nasional karena ikatan mereka dengan Pemerintah Komunis China. Akibatnya, desas-desus terbaru menyebut ByteDance tidak ada hubungannya dengan operasi AS TikTok setelah divestasi. Lalu Microsoft akan menjalankan aplikasi di AS dan bertanggung jawab untuk melindungi semua data pengguna di sana.

Pada hari Jumat, ada spekulasi bahwa raksasa perangkat lunak yang berbasis di AS akan membeli TikTok. Kesepakatan dengan Microsoft masih memungkinkan perusahaan lain untuk membeli operasi aplikasi AS menurut Reuters. Gedung Putih belum mengomentari apakah akan memungkinkan divestasi berlangsung.

Perusahaan China lainnya telah dipaksa untuk mendivestasikan aplikasinya oleh Pemerintah AS. Contohnya, awal tahun ini Komite Investasi Asing di Amerika Serikat (CFIUS) memaksa perusahaan game Beijing Kunlun Tech Co Ltd untuk menjual aplikasi kencan Grindr seharga USD620 juta.

CFIUS adalah agen federal AS yang meninjau pembelian luar negeri dari perusahaan AS yang mencari potensi risiko keamanan nasional. Ketika ByteDance membeli aplikasi video Musical.ly Shanghai pada tahun 2017 dengan harga USD1 miliar, perusahaan meluncurkannya kembali sebagai TikTok tapi mereka tidak meminta ulasan CFIUS. (Baca juga: Bersejarah, Astronot NASA Bersiap Pulang ke Bumi dengan SpaceX Crew Dragon )

Akibatnya, TikTok dikabarkan sedang diselidiki. Pada saat yang sama, Institut Peterson untuk Ekonomi Internasional menyebut aplikasi itu "masalah berukuran Huawei" untuk AS.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)