alexametrics

Bukan Cuma TikTok, Aplikasi Buatan Amerika Juga Berbahaya

loading...
Bukan Cuma TikTok, Aplikasi Buatan Amerika Juga Berbahaya
Semua aplikasi yang diunduh ke handphone Anda adalah berbahaya karena bisa mengumpulkan data penggunanya. Foto/Ist
JAKARTA - Aplikasi populer berbagi video pendek TikTok bakal dilarang di Amerika Serikat (AS) oleh Presiden Donald Trump lantaran dianggap membahayakan keamanan nasional. Bahkan tudingan ini diperkuat temuan periset keamanan siber terkait perilaku TikTok yang mengumpulkan data pengguna iPhone. (Baca juga: Trump Nyatakan akan Segera Larang TikTok Beroperasi di AS)

Namun Anda jangan terburu-buru menyimpulkan bahwa TikTok memang berbahaya. Sejatinya semua aplikasi yang Anda unduh ke handphone adalah berbahaya.



Bulan lalu, sistem operasi terbaru iPhone, iOS 14, memperingatkan pengguna ketika aplikasi terpopuler TikTok memeriksa papan klip iPhone. Yam papan klin berfungsi menyalin data dari satu aplikasi dan menempelnya di aplikasi lain. Sering kali kita menyimpan informasi pribadi seperti nomor PIN dan kata sandi di papan klip.

Menariknya bukan hanya TikTok yang melakukan ini. Daftar aplikasi lain yang memata-matai clipboard atau papan klip pengguna termasuk beberapa yang dimiliki dan oleh perusahaan Amerika, sebut saja AccuWeather, Google News, dan Overstock.



General Manager AS TikTok, Vanessa Pappas, mem-posting pesan ke komunitas TikTok di aplikasi pagi ini yang tidak menyebutkan petunjuk larangan AS. "Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada jutaan orang Amerika yang menggunakan TikTok setiap hari membawa kreativitas dan kegembiraan mereka ke dalam kehidupan kita sehari-hari. Kami telah mendengar curahan dukungan Anda dan kami ingin mengucapkan terima kasih. Kami tidak berencana pergi ke mana saja. TikTok adalah rumah bagi pencipta dan seniman untuk mengekspresikan diri, ide-ide mereka, dan terhubung dengan orang-orang dari berbagai latar belakang yang berbeda. Dan kami sangat bangga dengan semua komunitas yang menyebut TikTok sebagai rumah mereka," kata Pappas disitat laman Phone Arena.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
KOMENTAR ANDA
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak