ASEAN Foundation dan SAP Dorong Generasi Muda Terampil Bidang TI

Rabu, 10 Mei 2017 - 23:33 WIB
ASEAN Foundation dan SAP Dorong Generasi Muda Terampil Bidang TI
ASEAN Foundation dan SAP Dorong Generasi Muda Terampil Bidang TI
A A A
JAKARTA - ASEAN Foundation dan SAP SE menjalin kerja sama strategis di wilayah Asia Tenggara. Salah satunya dengan membekali kaum muda agar sukses dalam ekonomi digital serta membangun angkatan kerja yang terampil di bidang TI (teknologi informasi) dengan berbagai program pelatihan dan pengembangan tenaga kerja.

Inisiatif utama yang akan dilaksanakan berdasarkan kesepakatan akan difokuskan mendorong literasi digital untuk mendukung pertumbuhan berkelanjutan bagi masyarakat yang menjadi sasaran utama dalam program tersebut.

"Komunitas ASEAN yang berkelanjutan berada di tangan kaum muda. Saya percaya bahwa inisiatif bersama kami dengan SAP akan meningkatkan keterlibatan kaum muda dalam kegiatan nasional dan regional untuk memberi mereka kesempatan untuk berkontribusi secara aktif kepada masyarakat ASEAN,” ujar Executive Director dari ASEAN Foundation, Elaine Tan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/5/2017).

Pemberdayaan pemuda telah menjadi topik yang menonjol di wilayah ASEAN sejak diumumkannya Deklarasi Prinsip untuk Memperkuat Kerjasama ASEAN untuk Pemuda yang dipresentasikan di Bangkok pada tahun 1983.

"Tiga inisiatif di bawah kemitraan ASEAN Foundation dan SAP telah menyentuh lima prioritas fokus terbaru ASEAN. Rencana Kerja Pemuda tahun 2016-2020 yang mencakup kewirausahaan muda, lapangan kerja kaum muda, kesadaran kaum muda, kesukarelaan dan kepemimpinan kaum muda, serta ketahanan kaum muda," kata Elaine.

Dia menuturkan ASEAN mewakili tidak hanya satu komunitas ekonomi, tetapi juga sebuah komunitas sosial. "Seiring dengan perayaan 50 tahun karya ASEAN dalam memperdalam persatuan dan memajukan kemakmuran tahun ini, kami merasa antusias akan berbagai peluang yang ada di dalam wilayah pertumbuhan ini," terangnya.

President dan Managing Director SAP Asia Tenggara, Scott Russell mengatakan, melalui inisiatif dengan ASEAN Foundation, pihaknya bertujuan membantu mempersiapkan kaum muda untuk ekonomi digital dan mendukung ASEAN dalam mendorong pertumbuhan sosio-ekonomi yang berkelanjutan dalam Revolusi Industri Keempat.

Scott menjelaskan visi SAP adalah membantu dunia berjalan lebih baik dan meningkatkan kehidupan masyarakat. "Inilah tujuan abadi perusahaan kami. Untuk mencapai tujuan yang lebih tinggi ini, kami menuangkan jerih payah kami ke dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membekali kaum muda dengan kemampuan untuk mengatasi masalah yang mungkin terjadi dalam masyarakat dan keterampilan yang dibutuhkan dalam menghadapi era ekonomi digital," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6926 seconds (0.1#10.140)