alexa snippet

Memahami Perilaku Konsumen terhadap Voucher Digital

Memahami Perilaku Konsumen terhadap Voucher Digital
VP Data Management & CRM elevenia Allto W Setiabudi menerangkan mengenai MOKADO (mobile kado) produk inovatif dari elevenia kepada salah satu pengunjung IESE 2017. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Elevenia, e-commerce yang mengusung open market place di Indonesia, memaparkan mengenai perilaku konsumen terhadap voucher digital dengan membedah kasus MOKADO (mobile kado) dari elevenia.

MOKADO yang telah diluncurkan sejak Maret 2016, merupakan salah satu inovasi produk dari elevenia yang dihadirkan  untuk memberikan kemudahan kepada pengguna yang ingin mengirimkan hadiah, bonus atau kejutan kepada orang lain melalui SMS berbentuk mobile voucher di semua perangkat telepon seluler.

VP Data Management & CRM elevenia – Allto W Setiabudi mengemukakan fakta bahwa ada tiga faktor utama yang mempengaruhi transaksi meningkat, yaitu harga murah dengan diskon minimal 50%, merek yang mempunyai banyak cabang (lebih dari 20 cabang), dan merek terkenal atau mudah dikenali orang

"Mokado tersedia dalam empat kategori, yaitu F & B, Fun & Event, Beauty & Health dan Kategori Lain-lain. Dari keempat kategori tersebut, tercatat F & B menjadi  kategori terlaris. Di mana 84% penjualan MOKADO berasal dari kategori tersebut," ujarnya, dalam keterangan tertulis yang disampaikan kepada SINDOnews.

Dia menuturkan, merchant yang tergabung di kategori F & B, di antaranya Lotteria, KFC, Burger King, Kripy Crème, Baskin Robins, dan sebagainya. Sementara kategori produk kedua yang paling banyak dibeli melalui MOKADO adalah Fun & Events, seperti waterbom, Jungleland, Go! Wet, dan lainnya.

Digital voucher seperti MOKADO, biasanya mengalami transaksi paling tinggi antara pukul 09.00 - 12.00 WIB sebelum makan siang. Bukan hanya itu, produk ini juga biasanya mengalami ‘peak  days’ (transaksi yang tinggi) di hari Senin dan Kamis. "Biasanya 18% - 27% transaksi terjadi di antara kedua hari tersebut," ucapnya.

Alto mengatakan sehubungan dengan demografi pengguna e-coupon, jumlah pembeli wanita lebih tinggi daripada pembeli pria. Selain itu, 74 % pembeli masih berada di wilayah Jabodetabek. Produk e-coupon  ini lebih banyak dinikmati oleh mereka yang berusia 29-24 tahun (24%) dan 25-34 tahun (49%).

“Tercatat hingga awal tahun 2017 produk inovatif elevenia, MOKADO, telah terdaftar 200 merek yang menjual lebih dari 1.100 produk dengan transaksi sebanyak hampir 83 ribu dan GMV 11.094.363.800. Kami  juga  mendapati bahwa returning customers untuk produk ini lebih tinggi dibanding produk non-MOKADO,” tandas Allto.



(dmd)
loading gif
Top