Tunaiku Dorong Inklusi Keuangan Masyarakat dari Konvensional ke Digital

Kamis, 11 Mei 2017 - 13:21 WIB
Tunaiku Dorong Inklusi Keuangan Masyarakat dari Konvensional ke Digital
Tunaiku Dorong Inklusi Keuangan Masyarakat dari Konvensional ke Digital
A A A
JAKARTA - Ketertarikan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan finansial keuangan, membuat perkembangan teknologi finansial (fintech) menjadi kebutuhan baru. Berbekal ide kreatif dan inovatif, fintech berpotensi besar dalam kehidupan ekonomi modern. Terlebih berdasarkan data yang ada, terdapat 70% masyarakat yang tidak memiliki akun bank atau unbankable.

Dalam hal ini setidaknya ada beberapa faktor yang membuat masyarakat tersebut unbankable. Di antaranya, tingkat pendidikan rendah, tidak memiliki tabungan, bekerja di sektor informal, tidak dapat memenuhi persyaratan dari bank, tidak percaya sistem perbankan, serta infrastruktur yang terbatas ke bank.

Menjawab kebutuhan tersebut, CEO Tunaiku, Vishal Tulsian mengungkapkan, keterlibatan usaha fintech dengan sistem perbankan Indonesia juga memperlebar jaringan layanan keuangan bagi penduduk lokal, sehingga nasabah semakin banyak dan inklusi finansial di Indonesia semakin berkembang. Hal ini juga tentu akan sangat baik bagi perkembangan produk keuangan di Indonesia yang saat ini relatif rendah.

Bentuk peluang-peluang pertumbuhan bisnis fintech yang maju berkembang di Indonesia saat ini seperti bisnis simpan pinjam bagi perorangan atau UKM dengan peer to peer lending atau crowdfunding, hingga berbagai kemudahan pembayaran menggunakan telepon genggam (mobile payment) telah menjadi pilihan alternatif kegiatan usaha menengah fintech.

"Keberadaan fintech diharapkan dapat membantu melayani pasar yang belum terjangkau dengan memahami kebutuhan mereka. Inilah tantangan yang mendasar yang harus kita ketahui dari kebutuhan mereka," ujar Tulsian, melalui keterangan tertulisnya, Kamis (11/5/2107).

Tercatat sampai kuartal pertama 2017, Tunaiku telah berhasil meningkatkan jumlah nasabah menjadi 33.000 dari semula 30.000 akhir 2016 lalu. Produk dana pinjaman yang disediakan Tunaiku per nasabah mulai Rp2-10 juta, dengan jangka waktu pengembalian pinjaman mulai 6 - 12 bulan. Antusias yang luar biasa dan kekuatan dana dari Tunaiku menjadikan Tunaiku makin dipercaya oleh masyarakat. Tiga produk Tunaiku yang selalu menjadi andalan sampai saat ini adalah Tunaiku KTA, Tunaiku Prioritas, Tunaiku Referral.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0454 seconds (0.1#10.140)