Korsel Siapkan Jalan untuk Tes Mobil Otonom

Sabtu, 13 Mei 2017 - 12:56 WIB
Korsel Siapkan Jalan untuk Tes Mobil Otonom
Korsel Siapkan Jalan untuk Tes Mobil Otonom
A A A
SEOUL - Saat ini semua produsen automotif tengah menyiapkan dan mengembangkan mobil otonom. Namun untuk mendukung proyek tersebut, para produsen pengembang mobil otonomos terkendala izin untuk melakukan uji coba publik.

Korea Selatan sebagai salah satu negara yang mulai memerhatikan perkembangan teknologi ini rupanya sudah menyiapkan solusi untuk masalah tersebut, dengan menyiapkan lahan khusus untuk proses uji coba.

Seperti dilansir dari The Verge, lahan yang disiapkan itu mencapai 360 ribu meter persegi atau sedikit lebih kecil dari Vatikan. Tempat ini diklaim sebagai fasilitas uji coba terbesar untuk mobil otonomos di dunia.

Lahan yang diberi nama K-City ini sekarang tengah dalam tahap pembangunan yang disesuaikan dengan sistem transportasi cerdas dari Korea Transportation Safety Autorithy. Fasilitas ini bakal dilengkapi jalur bus, jalur cepat, termasuk lahan parkir.

Dana yang disiapkan untuk proyek ini diperkirakan mencapai 11 miliar Won atau sekitar Rp 130 miliar–asumsi kurs Rp 11,82. Nantinya fasilitas ini bakal digunakan perusahaan asal Korea Selatan sepeti SK Telecom, Naver, Samsung, Hyundai, dan Kia.

Menurut laporan, kehadiran fasilitas ini bukan lepas dari keputusan yang mengizinkan Samsung melakukan uji coba publik mobil otonomos di Korea Selatan. Tapi Samsung dilaporkan hanya tertarik untuk mengembangkan sensor dan modul komputer untuk mobil itu.

Perusahaan itu juga disebut-sebut tengah mengembangkan kecerdasan buatan untuk meningkatkan kemampuan mobil otonomos, terutama berkaitan dengan kondisi cuaca ekstrem.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8951 seconds (0.1#10.140)