alexa snippet

Cara Jitu Kurangi Risiko Terinfeksi Ransomware

Cara Jitu Kurangi Risiko Terinfeksi Ransomware
Antivirus. Iustrasi. FOTO/ SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Belum lama ini, sebuah serangan ransomware jenis WannaCry secara besar-besaran diluncurkan, dan berhasil menyerang banyak organisasi di seluruh dunia. Bahkan infeksi ini menjalar hampir di 74 negara, yang salah satunya Indonesia.

Untuk mencegah hal tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) bahkan telah mengintruksikan agar perangkat komputer tidak terhubung dulu ke jaringan data. Lalu langkah seperti apa yang seharusnya dilakukan untuk mengurangi risiko terinfeksi ransomware yang tengah melanda berbagi negara tersebut.

"Instal patch resmi dari Microsoft, hal ini dapat menutup kerentanan yang digunakan dalam serangan tersebut. Selain itu, pastikan solusi keamanan diaktifkan pada semua nodes di jaringan," ujar Corporate Communications Manager, Kaspersky Lab South East Asia, Sanjeev Nair, Senin (15/5/2017).

Dirinya juga menjelaskan, jika menggunakan layanan sistem keamanan,  pastikan solusi tersebut termasuk fitur System Watcher, yaitu komponen pendeteksi perilaku proaktif, dan fitur telah diaktifkan. Selain itu gunakan layanan Customer-Specific Threat Intelligence Reporting.

Ransomware jenis wannaCry sendiri memiliki cara kerja yang tergolong unik. Setelah ada satu korban yang terkena dalam satu jaringan, maka komputer lain yang ada dalam jaringan tersebut bisa ikut terkena tanpa memerlukan interaksi dari pengguna.



(wbs)
loading gif
Top