Jumlah Rakaat Sholat yang Dikerjakan Nabi dalam Sehari

Selasa, 19 September 2023 - 17:35 WIB
loading...
Jumlah Rakaat Sholat yang Dikerjakan Nabi dalam Sehari
Dalam sehari umat Islam wajib mengerjakan sholat fardhu 5 waktu yang berjumlah 17 rakaat. Selain itu juga dianjurkan mengerjakan sholat sunnah. Foto/ilustrasi
A A A
Sholat adalah ibadah wajib bagi setiap muslim dan merupakan rukun Islam kedua setelah Syahadat. Muncul pertanyaan, berapakah jumlah rakaat sholat yang dikerjakan Nabi Muhammad ï·º dalam Sehari?

Untuk diketahui, dalam sehari umat Islam diwajibkan mengerjakan sholat fardhu 5 waktu. Jika ditotalkan, jumlah rakaatnya adalah 17 rakaat. Ini baru yang wajib, belum lagi sholat sunnah yang dianjurkan dalam syariat.

Lalu, berapa sebenarnya jumlah rakaat yang dilakukan Nabi dalam keseharian? Menurut KH Ma'ruf Khozin dalam satu kajiannya, para ulama memperkirakan Rasulullah ï·º mengerjakan sekitar 50 rakaat sholat dalam sehari. Ini dilakukan beliau ketika di Makkah.

Perinciannya Sebagai Berikut:

1. Sholat Fardhu sebanyak 17 rakaat (Subuh 2 rakaat; Zuhur 4 rakaat; Ashar 4 rakaat; Maghrib 3 rakaat; dan Isya 4 rakaat).
2. Sholat Sunnah Rawatib yang dianjurkan 10 rakaat, menurut riwayat Ibnu Umar (Muttafaq Alaih). Dalam riwayat Ummu Habibah sebanyak 12 rakaat -Qabliyah Zuhur 4 rakaat- (HR Muslim).
3. Sholat Sunnah Dhuha 8 rakaat menurut riwayat Aisyah (HR Ibnu Hibban). Menurut riwayat Anas bin Malik 12 rakaat (HR Tirmidzi).
4. Sholat Witir 11 rakaat (HR Bukhari dan Muslim).

Itulah jumlah rakaat sholat yang dikerjakan Nabi dalam sehari. Bagi kita umatnya, apabila tidak mampu mengerjakan keseluruhan (di luar sholat fardhu) maka kerjakanlah sesuai kemampuan.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)