alexametrics

Paten Baru Munculkan Dugaan Sony PS5 Pro Gunakan Solusi Multi-GPU

loading...
Paten Baru Munculkan Dugaan Sony PS5 Pro Gunakan Solusi Multi-GPU
Sony berencana merilis PlayStation 5 (PS5) pada akhir tahun ini. Meski sudah diumumkan, ada sejumlah rahasia yang sampai sekarang belum terungkap. Foto/Ist
TOKYO - Sony secara resmi akan merilis Sony PlayStation 5 (PS5) pada akhir tahun ini. Selama beberapa bulan terakhir, ada banyak spekulasi mengenai konsol game baru ini.

Perusahaan telah secara resmi mengonfirmasi spesifikasi perangkat keras PS5. Selain itu, beberapa game pihak ketiga dan tanggal rilisnya juga sudah diumumkan. Namun, masih ada spekulasi mengenai PS5 mendatang.



Informasi terbaru menyebutkan, Sony dapat meluncurkan konsol PS5 yang lebih kuat dengan menggunakan solusi multi-GPU. Menurut situs techsina, paten baru menunjukkan PlayStation multi-GPU kemungkinan adalah PS5 Pro.

Deskripsi paten berbunyi: “Manajemen frame buffer dimungkinkan dengan beberapa GPU membuat frame video mereka sendiri atau merender bagian terpisah dari masing-masing frame video, dalam lingkungan emulasi multi-GPU. Salah satu GPU mengontrol output frame HDMI dengan menerima informasi frame dari GPU lain dan membacakan frame lengkap melalui port output HDMI ... Atau, output GPU dapat digandakan bersama-sama”.



Selain itu, deskripsi paten juga berbunyi, "Seperti dijelaskan di sini, teknologi SoC dapat diterapkan pada konsol emulasi video seperti konsol game, dan khususnya, satu SoC dapat disediakan untuk versi konsol 'ringan', sementara beberapa SoCs dapat digunakan untuk menyediakan versi 'high-end' dari konsol yang memiliki kapasitas pemrosesan dan penyimpanan yang lebih besar daripada versi 'ringan'. Sistem 'High-end' juga dapat memuat lebih banyak memori, seperti memori akses acak (RAM) dan fitur lainnya, dan dapat digunakan untuk versi yang dioptimalkan cloud yang menggunakan chip konsol yang sama untuk kinerja yang lebih baik.”

Sorotan terbesar dari paten adalah referensi untuk skalabilitas GPU. Laporan itu mencatat laporan baru pada akhirnya tiba sebagai kit upgrade, bukan produk yang sama sekali baru.

Selain itu, kita telah melihat banyak paten Sony untuk konsol game sebelumnya. Namun, banyak dari paten ini tidak pernah menjadi produk akhir.

Jadi, tidak ada hubungan langsung antara paten ini dan PlayStation 5. Namun, waktu paten ini memicu spekulasi bahwa itu mungkin PS5 Pro. Sampai sekarang, tidak ada konfirmasi resmi dari Sony tentang keberadaan PS5 Pro.
(iqb)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
KOMENTAR ANDA
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak