alexa snippet

Ahli Peringatkan Serangan Ransomware WannaCry Kedua

Ahli Peringatkan Serangan Ransomware WannaCry Kedua
Sejumlah ahli analis keamanan di dunia telah memperkirakan serangan tahap kedua Ransomware WannaCry 2.0 yang tak dapat dimatikan. Foto/Ilustrasi
A+ A-
LONDON - Setelah dibuat gempar dengan serangan Ransomware WannaCry pada akhir pekan lalu, serangan lanjutan yang diberi nama WannaCry 0.2 terdeteksi ahli bakal  dilancarkan.

Dikutip dari Tech Crunch, Rabu (17/5/2017), sejumlah ahli analis keamanan telah memperkirakan serangan tahap kedua ini. Di mana penyerang telah menyiapkan WannaCry 2.0 yang tak dapat dimatikan.

“Dua varian baru telah muncul. Varian pertama yang bisa diblokir dengan mendaftarkan nama domain baru. Sementara varian kedua masih bekerja sebagian, karena hanya menyebar dan tidak mengenkripsi file karena arsip yang digunakan untuk melakukan perusakan enkripsi,” ujar Matt Suiche, pendiri Comae Technologies.

MalwareTech, yang berhasil mengatasi WannaCry 1.0, sebelumnya telah memprediksi hal tersebut. Menurutnya, segera setelah malware ini dihentikan, para penyerang bakal menyiapkan versi lain yang lebih baik.

Untuk informasi, versi pertama WannaCry berhasil diatasi seorang peneliti asal Inggris yang menggunakan nama samaran MalwareTech. Dia mengungkap aksinya tersebut melalui akun Twitter Malwaretechblog.

Pria yang bekerja untuk Kryptos Logic, perusahaan keamanan asal Amerika Serikat (AS) ini mengungkapkan cara untuk mengatasi ransomware WannaCry dengan mendaftarkan domain yang digunakan untuk menyebarkan.

“Saya menemukan beberapa malware terhubung dengan domain yang spesifik, namun tak didaftarkan,” katanya.

Sesudah didaftarkan, domain tersebut menjadi hidup dan penyebaran malware pun ternyata terhenti.



(dmd)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top